LEGENDA MAKAM RADEN SAKTI YANG ADA DI GUNUNG PENTUNG BUNGAH GRESIK

0
569

Gresik, www.panjinasional.net – Makam Raden Sakti di komplek gunung pentung memang masih misterius keberadaanya, tetapi menurut legenda dan cerita orang2 tua dulu bahwa Raden sakti masih keturunan prabu siliwangi dan dari hariyan kencana yang ada di panjalu Ciamis, Jawa barat.

Hal itu diceritakan oleh Kris Aji Pemerhati Seni dan Budayawan Gresik. Menurutnya dari dokumen yang pernah dibaca. Raden sakti memang suka berkelana melakukan perjalanan ke daerah-daerah dan sampailah di wilayah Bungah dalam rangka mencari jati diri. Dirasa menemukan tempat yang tepat beliau menetap disitu dan berhasil mendirikan padepokan sebagai tempat untuk menenangkan diri dan syiar agama Islam.

Beberapa dokumen dan tinggalan sejarah menyebutkan bahwa sejarah/nama Raden Sakti ditemukan pada tahun 90 an. Yang didasarkan tulisan di buku yang ada di pengurus makam panjalu.

Sebelum tahun 90-an masyarakat Bungah sekitar hanya mengenal makam keramat dengan sebutan makam mbah pentung karena letaknya berada di gunung pentung.

Berdasarkan cerita orang-orang tua dulu ketika mbah pentung datang dan menetap di gunung pentung, masyarakat sekitar masih menganut agama non islam (hindu/budha) dan Raden Sakti datang ke bungah disamping menenangkan diri juga mengembangkan syiar ajaran agama islam.

Untuk saat ini, beberapa tradisi yang sering dilakukan untuk merayakan haul Mbah Raden Sakti yang bertepatan dengan Hari Raya Ketupat yaitu pelaksanaan istighosah, hadhor, tahlil, dan ceramah yang dilaksanakan disekitar areal makam.

Namun untuk tahun ini karena masa pandemi akan dilaksanakan tahlil sederhana untuk menghindari banyaknya peziarah yang datang.

Di kompleks makam tersebut diketahui Didalam cungkup utama terdapat makam :

1. Raden Sakti ( keturunan Pajajaran prabu Siliwangi)

2. Mbah Gampang ( pengikut /cantrik)

3. Mbah Mireng (pengikut/cantrik )

4. Mbah Maryam (pengikut/ cantrik)

5. Mbah Singo Rono. (Pengikut/ Cantrik).

Selain cungkup utama, di Sebelah timur ada cungkup tempat makam Mbah Cukul yang menurut informasi juru kunci makam, beliau adalah sesepuh desa Pandowo Limo yang ada di kabupaten Lamongan.

Di Sebelah barat cungkup utama terdapat cungkup makam Mbah Asiman yang merupakan makam juru kunci pertama.

Di Utara cungkup utama sekitar 50 meter terdapat makam Mbah Sarah nama aslinya Dewi Saroh) Dan di selatan sekitar 100 meter ada makam Mbah Gomblo, ke selatan lagi sekitar 100 meter ada makam Mbah Santri di utara jalan masuk ke pondok Al ikhlas. dari makam Mbah Santri ke barat lagi sekitar 400 meter ada makam Mbah Gondang.

Haul Mbah Raden Sakti setiap tahun di adakan bersamaan dengan jatuhnya Hari Raya Ketupat (tahun ini Kamis, 20 Mei 2021). Saat pagi hari di sepanjang jalan masuk kompleks makam akan banyak para pedagang bunga untuk para peziarah. Juga akan ramai pengunjung dan pedagang yang berjualan di tempat tersebut.

Di pesarean atau kompleks makam Raden Sakti atau lebih dikenal Gunung Pentung ini Setiap hari banyak dikunjungi peziarah dari luar kota.

“Banyak peziarah datang karena ke sini isaroh, atau petunjuk baik itu dari guru atau kyai untuk datang ziarah ke sini ” ujar Huda juru kunci makam.

Situasi Makam Raden Sakti pada malam hari

Beberapa tokoh wali penyebar agama Islam di sekitar wilayah bungah dan sekitarnya antara lain:

1. Mbah Sayyid Iskandar kisik

2. Mbah Ngabar (sukorejo)

3. Mbah sentono (abar-abir)

4. Mbah Cloreng ( abar abir)

5. Mbah gunung pentung/Raden Sakti

6. Kyai gede bungah

7. Mbah gondang (bungah)

8. Mbah sentono (masangan)

9. Mbah husaini (ndanten)

10. Mbah mojopuro (mojopuro)

Sejalan dengan perkembangan zaman, kompleks makam yang dulunya kurang terawat dan terkesan angker saat ini hampir Setiap hari ada pengunjung Sehingga lebih baik dan terawat.

Terkadang beberapa orang yang sedang laku atau lelaku bermalam di komplek makam hingga berhari-hari bahkan ada yang berbulan Bulan.

Demikian sekelumit cerita dan legenda mengenai mbah Raden Santri namun belum lengkap menguak siapa beliau sebenarnya. ( shol)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here