PMI Asal Singapura dan Malaysia Masuk Asrama Haji Surabaya

0
12
Aktivitas pengambilan swab tes pada PMI yang baru datang di Asrama Haji, Sukolilo Surabaya, Foto: Sugeng JNR

Panjinasional, Surabaya – Kedatangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) melalui Bandara Internasional Juanda Surabaya hingga, Minggu (9/5/2021) terus bertambah.. Kali ini kedatangan PMI ini berasal dari Singapura sebanyak 59 dan dari Malaysia 164 PMI.

Kepala UPT Dinas Tenaga Kerja Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Budi Raharja mengatakan, pada, Minggu (9/5/2021) dari pesawat Singapura TR 262 dan dari Malaysia dengan menggunakan pesawat QZ 321. “Kedatangan PMI Jatim ini langsung dilakukan tes Swab PCR dan hasilnya akan keluar dua hari, kemudian para PMI ini akan dikarantina selama dua hari di asrama haji,” ujar Budi Raharja.

Apabila hasilnya negatif, maka PMI diperbolehkan pulang ke daerah asal dengan dijemput oleh pemerintah daerah setempat, atau secara mandiri namun dengan pantauan pemerintah daerah setempat, jika hasil swab PMI dinyatakan positif Covid-19 maka harus diisolasi di RS Lapangan Indrapura Surabaya atau RSUD dr Soetomo Surabaya.

Seperti pantauan dilapangan, petugas kesehatan mulai melakukan tes swab PCR kepada PMI tersebut satu persatu, setelah dilakukan swab para PMI dilakukan karantina. Dan juga posko Pemulangan PMI juga telah melakukan pemulangan PMI ke daerah asalmya yang sudah melakukan karantina selama dua hari.

Dimana 111 Pekerja Migran Indonesia asal Kabupaten Sampang hari ini dikembalikan ke daerahnya masing – masing. Dimana dalam pantauan di lapangan kepulangan para PMI ini asal sampang ini langsung menggunakan tiga bus pada, Minggu (9/5/2021).

Penjemputan dilakukan oleh perwakilan dari Dishub Sampang dan juga Dinas Tenaga Kerja Sampang. Diawali dengan pelaporan data dan pengambilan berkas termasuk paspor para PMI pada petugas KKP di Asrama Haji.@kominfo/red.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here