Pemkab Gresik Akan Gandeng Perguruan Tinggi Untuk Wujudkan Program ‘Nawa Karsa’

0
10
Gus Yani dan Bu Min Saat Berkunjung di Universitas Qomarudin Bungah
Gus Yani dan Bu Min Saat Berkunjung di Universitas Qomarudin Bungah

GRESIK, www.panjinasional.net – Demi mensukseskan program ‘Nawa Karsa Gresik Baru’ pada pemerintahan Bupati dan wakil BupatiGresik, Fandi Ahmad Yani dan Aminatun Habibah melibatkan Perguruan Tinggi yang ada dikabupaten Gresik.

Pemkab Gresik akan mengandeng Pergurun tinggi, salah satunya adalah Universitas Qomaruddin (UQ) Bungah yang menyatakan turut mendukung program Nawa Karsa dan siap menjalin kerjasama dengan Pemkab Gresik. Hal ini disampaikan saat kunjungan silaturrahmi Bupati dan Wabup Gresik di Kampus UQ, Kamis (6/5/2021).

Wakil Rektor I UQ Bungah Moh Maghfur mengatakan, pihaknya akan turut terlibat dalam mengawal program Nawa Karsa yang diusung oleh Gus Yani – Bu Min. Sebagai bentuk komitmen, pihaknya akan menjalin kerjasama di berbagai aspek pembangunan.

“Universitas Qomaruddin termasuk pihak Yayasan siap mendukung bahkan mengawal maupun mengkoreksi berbagai kebijakan Pemkab Gresik yang tertuang dalam program Nawa Karsa,” ujar Moh Maghfur, Kamis (6/5/2021).

Salah satu bentuk kerjasama tersebut antara lain, pendampingan dalam bidang pendidikan, pendampingan saat penyusunan RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah), program vaksinasi, dan lain sebagianya.

“Pada intinya kita berada di luar legislasi, eksekusi dan stake holder lainnya. Kami sebagai ‘civil society’ siap mengawal kebijakan Gus Yani dan Bu Min. Insyaallah Qomaruddin komitmen,” pungkasnya.

Terkait hal itu, Bupati Gus Yani menyambut baik dukungan dari pihak UQ Bungah dalam keterlibatan mengawal program Nawa Karsa. Sebab, peran serta perguruan tinggi sangat diperlukan dalam pemerintahan Gresik Baru.

“Dalam silaturrahmi tadi sudah disampaikan bahwa Universitas Qomaruddin mendukung program Nawa Karsa. Nantinya bisa dilakukan kerjasama baik di bidang pendidikan maupun ekonomi. Karena kebetulan di sini ada jurusan yang membidangi,” tutur Gus Yani.

Sementara itu, Wabup Gresik Bu Min menambahkan, bentuk keseriusan ini akan akan ditindaklanjuti melalui MoU dengan Pemkab Gresik. Namun sebelum itu, perguruan tinggi terlebih dahulu menentukan bidang kerjasamanya.

“Untuk bentuk kerjasamanya nanti, pihak kampus yang menentukan. Seperti kampus UISI yang telah mengajukan kerjasama pendampingan di dunia pendidikan. Selanjutnya kerjasama dari kampus UQ akan dituangkan dalam MoU,” ungkap Bu Min.

Turut hadir dalam silaturrahmi kali ini, antara lain Rektor UQ Bungah Dr. Iskandar Ritonga, Rektor Institute Agama Islam Qomaruddin Lutfi Hakim, Ketua Yayasan Pondok Pesantren Qomaruddin KH. Nawawi Sholeh, jajaran pengasuh Ponpes, serta jajaran dosen Universitas Qomaruddin. (shol)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here