Hari Pertama Larangan Mudik, Petugas KAI Masih Bingung proses pengecekan penumpang …

0
461

Mojokerto – Panjinasional – Penerapan Larangan Mudik Lebaran mulai hari ini 6 Mei 2021 sampai 17 mei 2021 berdasarkan Surat Edaran (SE) Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nomor 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah dan Upaya Pengendalian Penyebaran Covid-19 Selama Bulan Suci Ramadhan 1442 Hijriah, masih terlihat ketidak siapan implementasi dilapangan.

Dalam Surat Edaran terdapat pengecualian Larangan bagi kelompok masyarakat tertentu baik yang memiliki tugas atau kepentingan mendesak dan harus melengkapi dokumen yang disyaratkan.

Tim liputan Panjinasional melakukan pemantauan langsung dengan melakukan perjalanan dengan menyertakan dokumen persyaratan sesuai aturan yang ada, berikut laporan nya.

Awak liputan panjinasional melakukan perjalanan dengan kereta api melalui stasiun kerera api Kota Mojokerto dengan tujuan Jawa Tengah. Sesuai persyaratan awak panjinasional melakukan test genose C19 di stasiun keberangkatan degan hasil negatif berlaku 24 jam dan membayar Rp. 30.000,- untuk test nya.

Dokumen Syarat Perjalanan dimasa Larangan Mudik Lebaran 2021 – Foto : Spesial

Saat melakukan cek in paginya awak panjinasional dengan membawa persyaratan dokumen perjalanan di masa larangan mudik berupa surat tugas, id card, hasil negatif test genose untuk di periksa. Petugas terlihat bingung dengan dokumen yang di cek selain harus mengisi blanko perjalanan yang disiapkan.

Saat ditanya petugas menyatakan masih belum jelas aturan tentang standart pengecekan dokumen seperti apakah dokumen di stempel untuk sekali perjalan atau tidak. ” Informasi nya terakhir di stempel tapi barusan di info belum boleh di stempel dulu pak “, ungkal petugas pengecekan.

Petugas tersebut juga menyampaikan permintaan maaf mungkin nanti ada perubahan sistem untuk pengecekan dokumen tentang apakah surat tugas hanya berlaku sekali perjalanan dengan tanda stempel atau tidak petugas tersebut belum tau.

Setelah proses pengecekan tersebut awak Panjinasional masuk ke stasiun keberangkatan kereta api sesuai tujuan. Kondisi dala stasiun sepi hanya terlihat 3-5 orang penumpang dengan tujuan berbeda.

Suasana Kabin Kereta Api – Foto : khusus

Situasi dalam kereta pun hanya terlihat 2-3 orang di setiap gerbong nya bahkan gerbong tempat awak panjinasional duduk tidak ada penumpang lain hanya sendiri.

Beberapa penumpang yang ada menyampaikan memang peraturan ini membuat bingung baik penumpang maupun petugas dilapangan karena belum ada SOP yang jelas dan pasti. Bahkan salah satu penumpang menyampaikan sekalian aja di stop ga ada perjalanan dari pada menjadi bingung semua orang. **Tim Liputan Mudik **

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here