Kolaborasi Dua Tokoh Kepulaun Ra’as Membawa Angin Segar Bagi Masyarakat Yang Tertahan di Pelabuhan Jangkar

0
256

Sumenep, www.panjinasional.net – Kolaborasi dua Tokoh Masyarakat Kepulauan Ra’as Kecamatan Ra’as, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, nampaknya mulai membawa kabar yang cukup mengembirakan bagi masayarakat Kepulauan Ra’as yang tertahan di Pelabuhan Jangkar Sitobondo.
Kabar tersebut datang dari kedua tokoh masyarakat Ra’as yang selama ini intens melakukan upaya komunikasi dengan Bupati Sumenep.

Mahmudi salah satu Tokoh masyarakat Kepulauan Ra’as, mengatakan setelah dirinya bersama H. Benny melakukan upaya Komunikasi dan menyampaikan aspirasi kepada Bapak Bupati beliau langsung merespon dengan baik.
” Karena ini lintas Kabupaten maka Bapak Bupati melakukan upaya Koordinasi dengan Dishub Provinsi. ” Dan Alhamdulillah Bapak Fauzi (Bupati Sumenep,red) langsung telpon ke Dishub Provinsi Jawa Timur dan di ACC,” kata Mahmudi, kepada media panjinasional.net, Senin malam (3/5/2021)

Bahkan pihaknya juga menegaskan bahwa Kapal DBS mau berangkat itu sudah di ACC. Maka, Sambung dia yang awalnya Kapal DBS itu mau berangkat besok, dan mau mengangkut (melayani,red) penumpang orang Ra’as yang ada di pelabuhan jangkar itu hari Rabu. ” Tapi berkat ijin dari Dishub Provinsi pengangkutan penumpang itu tidak hanya akan dilakukan satu kali melainkan akan dilakukan dua kali. Dan itu usahanya Bapak Fauzi (Bupati Sumenep,red),” tegasnya.
Kemudian, Sambung dia, kalau tekhnisnya besok seperti apa kita kurang paham. ” Silahkan sampean tanya/konfirmasi kepada pihak Dishub Sumenep,” sarannya.

” Kami bukan hanya mengupayakan melainkan juga siap untuk mengawal, dan ini bentuk kongrit kepedulian dan usaha Fauzi-Eva terhadap masyarakat raas yang harus diapresiasi,” tukasnya.
Ia juga mengungkapkan bahwa, Kapal Nusantara 2 – Tol laut sudah berangkat Jam 11 malam nanti Kapal Satya Kencana akan berangkat dari Pelabuhan Jangkar menuju Pulau Raas.

” Dan direncanakan kapal DBS sore ini berangkat dari pelabuhan Kalinget menuju pelabuhan Jangkar, yang insyaAllah akan saya kawal sendiri dengan H. Benny,” pungkasnya.
Sementara itu H. Benny Halim, menambahkan, bahwa ini merupakan salah satu kabar gembira bagi saudara-saudara asal rantau yang terlantar di Pelabuhan Jangkar.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kecamatan Ra’as ini juga menyampaikan menyampaikan, bahwa Kapal milik Pemkab Sumenep akan melakukan penjemputan besok.
” Alhamdulillah Pak Bupati sudah mendengar dan responsif terkait persoalan ini, InsyaAllah besok Kapal DBS III akan berlayar dari Kalianget ke Jangkar untuk menjemput saudara-saudara kita yang masih tertahan disana, semoga Dishub Jatim menyetujuinya,” Tambah H. Benny.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) saat dikonfirmasi dan ditanya apakah hari ini Dishub akan memberangkat Kapal DBS III ke Pelabuhan Jangkar..? Sampai berita ini diturunkan pesan awak media belum terlihat tanda notivikasi bibaca. Sehingga berita ini belum ada penjelasan dari Kepala Dinas Perhubungan.

Sementara itu dikutip dari media Dapur Rakyat, Direktur Operasional PT. Sumekar Line, Imam Molyadi, ST, membenarkan informasi bahwa Kapal DBS III akan segera berangkat melayani penumpang tujuan Pulau Ra’as yang masih berada di Pelabuhan Jangkar Situbondo.
” Betul pak… Ada rencana seperti itu, masih nunggu surat dari Dishub Jatim (belum turun)…” Jawab Imam melalui percakapan via Aplikasi WhatsApp.

Ketika ditanya tentang berapa kapasitas penumpang yang dapat diangkut Kapal DBS III, serta apakah dilayani dengan gratis?, Imam menyebutkan 300 penumpang akan dapat terlayani dan bertarif. Terkait berapa tarif yang akan dikenakan masih belum final.

BACA JUGA: https://panjinasional.net/2021/05/03/diduga-terlibat-produk-kampanye-pilkades-oknum-asn-puskesmas-raas-abaikan-nilai-nilai-dasar-kode-etik-pns/

Awak media juga sempat menanyakan posisi Kapal DBS III saat ini, dan dimana berada saat tidak aktif beroperasi di perairan laut Sumenep, Direktur Operasional PT. Sumekar Line mengatakan. ” Iya di Kalianget memang di Kalianget.” Tukas Imam.
Sementara menurut Ketua DPC. J.P.K.P Kabupaten Sumenep mengatakan bahwa ada tambahan 3 (tiga) Armada.
” Berdasarkan iformasi yang kami peroleh, Insya’allah ada tambahan 3 (tiga) armada lagi mas KM setia kencana dan KM Sabuk Nusantara 92, mulai nanti malam jangkar raas akan di berangkatkan mas,” kata Agus Junaidi.@qib)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here