MTs Darul Ulum Waru Gelar Kegiatan Pondok Ramadhan

0
138
Dari kiri: H.Toyib Hasn S. Pd ketua Pantia Pindil Ramadhan dan Cara membawa Jenazah kedalam kubur

Sidoarjo. www.panjinasiinal.net – Pondok Ramadhan merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan sekali dalam satu tahun, dengan tujuan meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT, dan membimbing siswa dalam latihan kegiatan ibadah dengan baik dan benar.  

MTs Darul Ulum Waru Sidoarjo mengadakan Pondok Ramadhan 1442 H, dimulai  26 April – 1 Mei 2021, diikuti seluruh siswa mulai kelas 7 sampai kelas 9.

Pondok Ramadhan ini berisi berbagai bentuk kegiatan keagamaan, antara lain sholat Dhuha berjamaah, tadarus Al-Qur’an, pengkajian Ilmu,  tata cara bersuci (thoharoh), merawat jenazah (memandikan,mengkafani, mensholatkan, dan memakamkan), dan lain lain.

Dalam praktek merawat jenazah dipandu oleh ustadz Idris, dengan menggunakan boneka, mulai memandikan, mengkafani, mensholatkan dan memakamkannya. Praktek merawat jenazah memanggil tiga anak sebagai perwakilan, dan setiap kelas secara bergiliran.

Kegiatan Pondok Romadhan dilaksanakan dengan pembagian ruangan, antara lain di Masjid,  lapangan dan ruang kelas, dengan memperhatikan aturan protokol kesehatan 5M.

Menurut ketua panitia  H. Toyib Hasan S. Pd,. Pondok kilat Ramadhan bertujuan, memberikan pemahaman secara menyeluruh tentang pentingnya pembiasaan kegiatan positif di bulan Ramadhan sehingga amal ibadah lebih meningkat, memberikan pemahaman kepada peserta didik tentang ajaran agama dan mengaplikasikanya dalam kehidupan sehari Рhari, serta memperdalam, memantapkan dan meningkatkan penghayatan tentang keimanan, ketaqwaan, ibadah, akhlaq dan AlQuran.

“Pondok Ramadhan ini dilaksanakan,  pertama untuk memberikan wawasan kepada anak-anak supaya  mengerti kehidupan sehari – hari tentang bulan suci ramadhan dimana diwajibkan bagi orang – orang yang beriman,  didalam pondok Ramadhan itu banyak ilmu ilmu yang didapat ilmu thoharoh yaitu tentang tata cara bersuci bagaimana merawat jenazah,  bagaimana sholat dengan baik, kemudian bagaimana hal – hal dalam kehidupan sehari – hari, itu semua dicover dalam bentuk Ramdhan kilat’ kata H. Thoyib, ditemui pada saat acara berlangsung. Sabtu , (1/5/2021), pukul 16.00 WIB. **Afd.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here