Binggung Mendaptakan Ijin UMK, BumDes Mayangsari Siap Bantu Pembuatan IUMK Gratis

0
167
Poto kanan: Ketua Bumdes Mayangsari desa Pesanggrahan kota Batu, Subhan.

Panjinasional, Batu: Untuk program pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi Covid-19, melalui Kementerian Koperasi dan UKM, Presiden Republik Indonesia memberikan Bantuan Presiden Produktif Usaha Mikro ( BPUM ) atau Bantuan Langsung Tunai ( BLT ) UMKM, sebesar 1.2 juta per UMKM.

Untuk mendapatkan BPUM tersebut, bagi masyarakat kota Batu bisa melakukan  pendaftaran melalui Dinas Koperasi Usaha Mikro Perisdustrian dan perdagangan kota Batu dan Plut KUMKM kota Batu, untuk pendaftaran terakhir pada 30 April 2021.

Namun untuk mendapatkan bantuan tersebut, harus memiliki persyaratan yang sudah di tetapkan.

Adapun syarat yang harus di miliki yaitu tidak sedang menerim Kredit Usaha Rakyat ( KUR ), fotokopi KTP dan KK, memiliki usaha di buktikan dengan NIB, IUMK, SKU dari desa atau kelurahan setempat, bukan ASN, Polri, pegawai BUMN atau BUMD, Fotocopi Tabungan dan foto tempat usaha.

Namun saat ini, untuk memenuhi syarat tersebut tidak sedikit UMK kota Batu yang kesulitan dalam memenuhi persyaratan untuk mendapatkan BPUM tersebut. Salah satunya yaitu kesulitan dalam mendapatakan ijin usaha mikro kecil (  IUMK ).

Untuk membantu para UMK yang kesulitan mendapatkan salah satu persyaratan yaitu harus memiliki IUMK, maka BumDes Mayangsari desa Pesanggrahan Kota Batu siap membantu untuk mendapatkan IUMK secara gratis.

Seperti yang di sampaikan oleh ketua BumDes Mayanagsari desa Pesanggrahan kota Batu Subhan. Minggu (18/4/2021).

” Untuk kegiatan sosial pengurusan pembuatan perijinan usaha melalui OSS memang sudah di laksanakan oleh BumDes Mayangsari.

Untuk pembuatan perijinan usaha gratis tahap pertama sudah di laksanakan pada 25 maret hingga 10 April 2021 yang lalu.

Dari total keseluruhan sudah ada sekitar 88 usaha perseorangan yang sudah mendapatkan IUMK.

Untuk tahap ke dua akan di buka pada 19 April hingga 22 April 2021 “. jelasnya.

Bagi UMK yang ingin mendapatkan IUMK gratis dapat langsung ke gedung BLK Mayangsari desa Pesangrahan kota Batu.

” Monggo bagi UMK yang ingin mendapatkan IUMK gratis dapat langsung ke gedung BLK Mayangsari dengan membawa persyaratan yaitu menyiapkan KTP dan email aktif saja “. jelasnya.

Subhan berharap kegiatan soaial pengurusan pembuatan Ijin Usaha Mikro Kecil ( IUMK )  yang sudah dilakukan oleh Bumdes Mayangsari desa Pesanggrahan kota Batu ini bisa bermanfaat bagi masyarakat kota Batu.

” Semoga dengan memiliki IUMK ini, berguna bagi masyarakat kota Batu. Tentunya IUMK ini tidak hanya semata-mata di buat hanya untuk persyaratan mendapatkan BPUM saja namum juga bisa menjadi salah satu legalitas yang di perlukan dalam mengembangkan usaha masyarakat kota Batu “. jelasnya. ( Er )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here