Gus Yani Berharap HPN Gresik Menjadi Rumah Besar Pengusaha NU

0
25
Bupati Gresik Fandi Ahmad Yani Saat Menghadiri Pelantikan Pengurus HPN Gresik
Bupati Gresik Fandi Ahmad Yani Saat Menghadiri Pelantikan Pengurus HPN Gresik

Gresik, www.panjinasional.net – Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Himpunan Pengusaha Nahdliyin (HPN) di Bali beberapa bulan yang lalu menjadi semangat untuk membentuk Kepegurusan HPN di Kabupaten Gresik.

Banyaknya pengusaha di Gresik yang belum tergabung dalam komunitas atau organisasi, dengan Adanya HPN ini maka mereka bisa didata untuk dilakukan pembinaan agar para pengusaha khususnya kaum Nahdiyin bisa selalu eksis dan berkembang menjalankan usahanya.  

Bertempat di Hotel Horizon GKB, Himpunan Pengusaha Nahdliyin (HPN) Kabupaten Gresik, Jawa Timur Periode 2021-2026 dikukuhkan. Pelantikan pengurus beserta 12 divisinya tersebut dilakukan oleh ketua Pengurus Wilayah HPN Jawa Timur KH Misbahul Munir, di aula Hotel Horison GKB, Gresik, Minggu (11/4/2021).

Dalam amanatnya, KH Misbahul Munir mengatakan penduduk Jawa Timur yang mencapai 39,37 jiwa mayoritas adalah warga nahdliyin. Namun sekitar 60 persen diantaranya masih memerlukan bantuan.

“Kita sangat berharap pada HPN untuk bisa membantu warga nahdliyin agar bisa bangkit dan mandiri,” ujarnya.

Ditambahkannya, perjuangan tanpa kemapanan hanya akan membebani orang lain. Sementara kemapanan tanpa perjuangan hanya akan menjadi kapitalis dan hedonis. Hatapannya yang bisa memadukan keduanya justru ada di HPN.

Misbah juga berpesan agar program kerja di masa-masa awal setelah dilantik ini tidak muluk-muluk. Yang paling penting nyata dan bisa langsung dirasakan oleh masyarakat.

Sementara Sekjen DPP HPN Luqman Hakim mengatakan sejak HPN didirkan pada 11 Juli 2012. Ada 25 DPW serta 125 DPC HPN di seluruh Indonesia. Luqman optimis di bulan Juli 2021nanti, semua DPC sudah membentuk kepengurusan HPN.

“Tugas utama yaitu meningkatkan level pengusaha NU dari kecil ke menengah dan daribmenengah ke besar,” tandasnya.

Luqman menambahkan problem database anggota harus segera diwujudkan dengan baik. Sebab, dengan database yang valid bisa mempetakan potensi, sehingga tujuan HPN bisa segera terwujud, yakni menjadi wadah seluruh pengusaha nahdliyin untuk bersinergi dan meningkatkan kemampuan pengusaha agar bisa bersaing.

Ketua DPC HPN Gresik, Abdul Mujib optimis lembaga yang dipimpinnya ini akan mampu mengemban amanah rakornas HPN untuk mengeningkatkan pengusaha kecil dan menengah. Sebab, meski baru sebulan terbentuk sudah mendapatkan sambutan dan dukungan yamg luar biasa dari para pelaku usaha.

Kontraktor dan peternak sapi itu mengungkapkan sudah ada 54 pengusaha NU yang telah bergabung di HPN Gresik. Dari jumlah anggota tersebut disusunlah kepengurusan HPN dengan 12 divisi.

“Mestinya ada 17 divisi. Namun kita rampingkan menjadi 12 divisi agar ramping dan lebih efektif, termasuk didalamnya ada divisi peningkatan usaha mikro,” ungkapnya.

Dijelaskan Mujib, pihaknya segera menggelar rapat kerja di bulan Ramadhan agar bisa lebih cepat mewujudkan harapan bersama.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Gresik berharap HPN bisa merintis pasar digital sendiri dengan merangkul semua pengusaha nahdliyin dengan semua produk dagangan ada di sana. “Mudah-mudahan bisa menjadi rumah besar pengusaha NU,’ ucapnya berharap. (shol)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here