78 Orang Ikuti Program Pembuatan Perijinan Usaha Gratis, BumDes Mayangsari Desa Pesanggrahan

0
79
Masyarakat saat mengurus pembuatan perijinan usaha ( OSS ) Gratis, di BumDes Mayangsari desa Pesanggrahan kota Batu.

Panjinasional, Kota Batu : Pembuatan perijinan usaha ( OSS ) secara gratis yang di laksanakan BLK Bumdes Mayangsari, jalan Suropati, No.123, Kecamatan Batu, Kota Batu, mulai 29 Maret  hingga 10 April 2021 mulai pukul 12.00 Wib, saat ini memasuki hari terakhir.

Tercatat yang mengikuti program kepengurusan pembuatan perijiinan usaha ( OSS ) yang di gagas oleh BUMDES Mayangsari Desa Pesanggrahan kota Batu tersebut, ada sebanyak 78 orang dari Desa Pesanggrahan maupun dari wilayah kota Batu.

Ketua BUMDES Mayangsari Desa Pesanggrahan kota Batu Subhan menjelaskan pada hari terakhir pengurusan pembuatan perijinan usaha ( OSS ) ada 78 orang. Sabtu ( 10/4/2021 ).

” Pada periode pertama ini baik dari masyarakat desa Pesanggrahan maupun kota Batu tercatat ada 78 orang yang sudah mengikuti program kepengurusan pembuatan perijinan usaha secara online  ( OSS ) ini.

Dengan rincian dari bidang usaha kuliner 28 orang, jasa 18 orang, kost atau villa 5 orang, perdagangan 11 orang, UMKM 11 orang dan lain-lain 15 orang “. jelasnya.

Tujuan awal dibukanya pendaftaran pembuatan perijinan secara online melalui tokobatu.com tersebut memang untuk membantu masyarakat yang memiliki usaha rumahan atau perorangan, dengan harapan supaya mudah dalam memperkenalkan produk-produk usahanya.

” Bantuan pengurusan perijinan ” Ijin Usaha Mikro Kecil ( IUMK ) ini sebenarnya kegiatan sosial dan spontanitas, itupun khusus pengurusan perijinan usaha pribadi atau perorangan saja “. jelasnya.

Selama ini berbagai inovasi dan program kerja baik pemberdayaan bagi warga masyarakat setempat maupun karangtaruna, selalu dilakukan Bumdes Mayangsari Pesanggrahan, Kota Batu.

” Tujuan kami memang demi kesejahteraan dan pemberdayaan bagi para pelaku usaha baik UMKM, Online Shop dan jenis-jenis usaha lainnya. 

Untuk itu, melalui penggurusan pembuatan ijin usaha secara online, sebagai upaya kami dalam membantu pembuatan perijinan bagi para pelaku usaha yang kesulitan mengurus perijinan usahanya “. tegasnya.

Dalam masa pandemi Covid-19 saat ini, dalam memasaran produknya para pelaku usaha dituntut untuk dapat memanfaatkan sistem pemasaan secara online seperti pemanfaatan aplikasi maupun website.

” Seperti yang kami lakukan dengan membantu mendaftarkan jenis usahanya  terutama yang punya online shop bagi penjual makanan, kedai kopi, maupun usaha lainnya yang bisa dipasarkan melalui online. 

Selain itu, kami juga memfasilitasi dan membantu pemasaran produk-produk bagi para pelaku usaha melalui website yang kami miliki yaitu tokobatu.com “. ungkapnya.

Kedepan di harapakan BumDes Mayangsari Desa Pesanggrahan dapat memfasilitasi semua para pelaku usaha yang ada di seluruh wilayah Kota Batu, dan bisa bersinergi dengan Pemerintah Kota Batu melalui Diskoperindag.

” Kami bakal melakukan kerjasama dan berkolaborasi dengan dinas terkait untuk membantu memasarkan produk dari para pelaku usaha melalui sistem online karena pemasarannya lebih cepat, efisien dan otomatis lebih mudah dikenal luas oleh calon konsumen “. jelasnya.

Kepala Desa Pesanggrahan Imam Wahyudi, S.Pd sangat mengapresiasi kegiatan sosial pengurusan ijin usaha gratis yang  diinisiasikan oleh Bumdes Mayangsari Pesanggrahan tarsebut.

” Kami atas nama Pemerintah Desa Pesanggrahan sangat mendukung sekali, kegiatan sosial pengurusan ijin usaha yang dilakukan oleh pihak Bumdes, karena telah menciptakan website untuk membantu memasarkan semua produk dari warga Desa Pesanggrahan dan kota Batu “. jelasnya.

Semoga program-program kerja dari Pemdes Pesanggrahan dapat diakomodir oleh Bumdes Mayangsari demi kemaslahatan masyarakat.

” Walaupun pandemi, ekonomi kita harus bangkit dari keterpurukan, karena saat ini kita di era digitalisasi, maka para pelaku usaha harus dapat memasarkan produk-produknya secara online “. harapnya. ( Er ).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here