Satresnarkoba Polres Batu Tangkap 26 Pengedar dan Pemakai Narkoba

0
157

Panjinasional, Kota Batu: Satresnarkoba Polres Batu berhasil menangkap 26 orang pengedar dan pemakai narkoba. Penangkapan yang di lakukan di wilayah hukum Polres Batu tersebut dilakukan di waktu dan beberapa tempat yang berbeda.

Kapolres Batu AKBP Catur C Wibowo, SIK MH saat konferensi pers yang di laksanakan di Mapolres Batu jalan AP III Kadjoeng Permadi kecamatan Junrejo kota Batu menjelaskan bahwa 26 orang yang berhasil ditangkap tersebut dari 23 kasus yang berbeda. Jumat (9/4/2021) pagi.

” 26 orang pengedar dan pemakai narkoba yang berhasil kami tangkap tersebut dari 23 kasus berbeda. 11 orang sebagai pengedar dan 15 orang sebagai pemakai “. jelasnya.

Semula terdapat 25 orang, namun ada tambahan tersangka baru lagi, satu orang. Jadi totalnya menjadi 26 orang pelaku yang berhasil di tangkap.

“ Kesemua tersangka yang berhasil kami tangkap ini merupakan pemain baru yang masih berumur 20 tahun sampai dengan 35 tahun. 

Mereka di tangkap di beberapa tempat yang berbeda, diantaranya di Kecamatan Junrejo 4 orang, Kecamatan Bumiaji 3 orang, Kota Batu 11 orang, Kecamatan Pujon dan Kabupaten Malang yang masih berada di wilayah hukum Polres Batu 4 orang “. jelasnya.

Dari salah satu penangkapan yang dilakukan tersebut Satresnarkoba Polres Batu berhasil mengamankan barang bukti ( BB ) berupa satu pocket sabu-sabu. 

” Namun setelah kami interogasi, salah seorang dari tersangka mengakui masih menyimpan sisa sabu seberat 38,17 gram di rumah neneknya yang beralamatkan di Karangploso Kabupaten Malang. Dengan demikian total dari keseluruhan BB di dua tempat tersebut seberat 75 gram “. ungkapnya.

Penangkapan yang dilakukan oleh Satresnarkoba Polres Batu tersebut terdiri atas 23 LP selama dua bulan ini. 

” Penangkapan yang kami lakukan kepada para tersangka ini selain dirumah mereka, ada beberapa diantaranya juga di tangkap di jalan saat sedang melakukan transaksi kepada calon pembelinya “. bebernya.

Untuk mempertanggung jawabkan atas perbuatannya, para tersangka dijerat Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. 

“Baik pengedar maupun pemakai kami jerat dengan Pasal 114, dengan ancaman kurungan penjara selama empat tahun hingga 20 tahun “. tegasnya.

Di jelaskan pula oleh Kasatresnarkoba Polres Batu Iptu Yussi Purwanto, SH., MH bahwa salah seorang pelaku yang ditangkap di Perum Puri indah berinisial RAS adalah seorang residivis kambuhan.

” RAS ini seorang residivis yang pernah keluar masuk penjara, sedangkan 25 tersangka lainnya yang ditangkap polisi adalah pemain baru. 

Saat ini ada satu orang berinisial IM yang berhasil kabur, dan statusnya menjadi Daftar Pencarian Orang ( DPO ) “. tegasnya.

Iptu Yussi Purwanto, SH berpesan, agar masyarakat Kota Batu jangan pernah memakai atau mencoba narkoba, jika tidak ingin berurusan dengan hukum. Sebab, Satresnarkoba Polres Batu selalu menggelar operasi setiap harinya.

” Kami mengimbau kepada masyarakat kota Batu agar jangan pernah sekali-kali memakai narkoba. Disamping dapat merusak generasi muda, narkoba juga sangat berbahaya bagi kesehatan. 

Sebagai upaya untuk meminimalisir atau menekan angka penyalahgunaan narkoba, Satresnarkoba setiap harinya selalu melakukan patroli baik di tempat-tempat hiburan malam maupun di tempat-tempat wisata yang dikunjungi banyak orang. Maka dari itu, sekali lagi  kami menghimbau jauhi Narkoba, Say No To Drug “. himbaunya. ( Er/Es )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here