KH Miftachul Akhyar: Ulama Relnya Jelas Tak Perlu Arahan

0
25
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo bersalaman dengan Ketua Umum MUI Pusat KH Miftachul Akhyar disaksikan Ketua MUI Pusat Prof Dr H Noor Achmad MA dan Ketua Umum MUI Jateng terpilih Dr KH Ahmad Darodji MSi usai upacara pembukaan Musda X di Hotel Grasia Jalan S Parman Semarang.

Semarang, Panjinasional.net – Ketua Umum MUI Pusat KH Miftachul Akhyar mengatakan, ulama menempati kedudukan yang tinggi di masyarakat. ‘’Ulama itu pemikir juga ilmuan, sudah lengkap. Jadi sesungguhnya tidak perlu arahan dan petunjuk-petunjuk karena relnya sudah sangat jelas,” kata KH Miftachul Akhyar dalam acara Musda MUI Jateng di Hotel Grasia, Rabu  7 April 2021.

Di era disterupsi seperti sekarang ini, menurut Rais Aam PBNU itu, seringkali membuat umat kebingungan. Karena kebingungan itu membuat sebagian mereka tidak bisa membedakan mana halal haram, haq dan bathil. ‘’Ulama yang sehari-hari berkutat dengan kaidah agamanya bisa memberi jawaban dan solusi kebingungan di masyarakat,”  jelasnya.

Hal senada juga disampaikan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. Menurutnya, para ulama di Jateng selalu menjadi partnership sekaligus menjadi relasi yang baik karena menjadi bagian dari solusi dan dari semua masalah yang dihadapi umat. ‘’Ulama menjadi tempat bertanya piye apike bagaimana baiknya. Karenanya, kami mengucapkan terima kasih kepada para ulama,’’ kata Ganjar ketika membuka musda.

Dalam Musyawarah Daerah (Musda) MUI Jawa Tengah tersebut Dr KH Ahmad Darodji MSi terpilih kembali untuk ketiga kalinya menjadi Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Jawa Tengah masa khidmah 2021-2026. 

Pemilihan pengurus harian dilakukan oleh tim formatur yang berjumlah 13 orang antara lain Drs H Toharotun (Wakil Utusan MUI Eks. Karesidenan Banyumas), KH Saifullah Ahmad (Wakil Utusan MUI Eks. Karesidenan Pekalongan), Prof Dr H Moh Erfan Soebahar (Wakil Utusan MUI Eks. Karesidenan Semarang), Dr H Mashudi MAg (Wakil Utusan MUI Eks. Karesidenan Pati), Dr KH Minanul Aziz (Wakil Utusan MUI Eks. Karesidenan Surakarta), 3 wakil dari Ormas Islam yaitu KH. Mahsun Mahfudz, Prof Dr H Suparman Syukur MA dan Drs H Achmad, Prof Dr H Imam Taufiq MAg (Cendekiawan Muslim/Perguruan Tinggi Islam) dan Drs KH Dzikron Abdullah

(Utusan Pimpinan Pondok Pesantren). Formatur juga didampingi pengurus MUI Pusat yaitu Ketua Prof Dr H Noor Achmad MA dan Wakil Sekjen Arif Fahruddin.

Berikut susunan pengurus yang diumumkan Sekretaris Umum Drs KH Muhyiddin MAg. Ketua Dewan Pertimbangan Drs H Ali Mufiz MPA. Ketua Umum Dr KH Ahmad Darodji. Wakil Ketua Umum Prof Dr Ahmad Rofiq MA. Jajaran Ketua terdiri KH Haris Shodaqah, Drs H Musman Thalib MAg,  Prof Dr H Abu Rokhmad MAg, Drs KH Abu Hapsin MA PhD. Prof Dr H Imam Taufiq MAg, Drs KH Ahmad Hadlor Ihsan, Drs KH Muzammil, KH Hanief Ismail Lc dan Prof Dr Hj Sri Suhandjati. Sekretaris Umum Drs KH Muhyiddin MAg. 

Jajaran Sekretaris terdiri Dr Muhammad Saefuddin Lc MA, Dr KH Multazam Ahmad MAg, Dr Hj Ummul Baroroh MAg, Drs H Agus Fathuddin Yusuf MA, Dr H Imam Yahya MAg dan Ir KH Hammad Maksum Al-Hafidz. Bendahara Umum H Mustain. Wakil Bendahara H Agus Sumartono dan Dr H Nor Hadi SE MSi Akt.

Ketua Panitia Dr Ahmad Rofiq mengatakan, Musda yang dibuka Gubernur Jateng Ganjar Pranowo ini merupakan musda tercepat. ‘’Sidang pengesahan tata tertib, sidang-sidang pleno berjalan begitu cepat dalam hitungan menit tidak sampai berjam-jam,’’ katanya.

Semua yang hadir dalam musda, lanjutnya, wajib sudah vaksin kedua dan rapid antigen. Para Ketua MUI Kabupaten/Kota se-Jateng hadir di arena musda, sedang para sekretaris dan komisi fatwa mengikuti musda secara virtual. (Mim).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here