BANGUN WAWASAN GLOBAL, SMPIT INSAN KAMIL JALIN KERJA SAMA VIRTUAL DENGAN SEKOLAH DI MALAYSIA

0
46

Sidoarjo, www.panjinasional.net – Sekitar 128 siswa jenjang 8 SMPIT Insan Kamil Sidoarjo bertemu dengan dua sekolah di Malaysia secara Virtual dalam Kegiatan EKSIS tahun 2021. Rabu, (31/3/2021).

 Eksplorasi Sister School (EKSIS) yang menjadi program sekolah dengan menjalin kerjasama dua negara yaitu Indonesia dan Malaysia dalam upaya membentuk wawasan global dalam menghadapi tantangan di masa depan.

Dalam kegiatan EKSIS para siswa diajak ber-eksplorasi layaknya melakukan perjalanan sesungguhnya. Berkumpul di bandara, melakukan perjalanan bersama, dan sampai dimalaysia namun dilaksanakan dengan virtual. 

Secara keseluruhan rangkaian kegiatan meliputi pertemuan tatap muka virtual dengan dua sekolah di Malaysia, Podcast menghadirkan alumni yang bersekolah Jepang dan Sudan, Eksplorasi Sains, dan webinar dengan KONJEN Jepang.

Para kepala sekolah dari sekolah Al Hidayah dan Al Hiro Malaysia menyampaikan kegembiraan dan kekagumanya terhadap Insan Kamil yang mampu membuat program yang luar biasa walaupaun dalam keadaan pandemi. “Program virtual dua negara ini merupakan yang pertama kali di masa pandemi”. Lanjutnya. 

Kegiatan dilanjutkan dengan persembahan dua negara dengan menampilkan tampilan masing-masing sekolah. Dari SMPIT Insan Kamil menampilkan tarian saman, Pencak silat dari Al Hira, dan Pidato Bahasa Daerah Malaysia dari Al Hidayah, namun semua dalam bentuk virtual. Tidak sampai di situ, para siswa masuk di room yang sudah disiapkan untuk berkenalan dengan para siswa dari Malaysia. 

“Seneng banget bisa bertemu dengan anak-anak dari negara tetangga”, Ungkap Ridho dalah satu siswa kelas VII.

Para siswa juga diajak berinteraksi secara langsung dengan alumni yang bersekolah di Jepang dan Sudan. Dalam sesi ini siswa dikenalkan tentang informasi pendidikan yang berada di sana  baik dari segi program maupun adab dan kebiasan di luar negeri. Mas Alka dan Mbak Ishma seleku pemateri sekaligus Alumni menyampaikan pesan kepada siswa agar jangan pernah menyia-nyiakan waktu dan gunakan kesempatan yang ada untuk belajar semaksimal mungkin agar mampumenggapai cita-cita di masa depan.

Tidak sampai disitu, untuk membangun kemampuan dalam bidang Sains, para siswa akan dibekali pengetahuan dengan kegiatan Eksplorasi Sains dengan membuat projeck tepat guna diantaranya Kincir Angin tanpa listrik, dan desimilator. 

“Pada intinya Para siswa dibekali pengetahuan dan wawasan pendidikan secara global untuk melejitkan potensi dan berdaya saing global arag mampu survive di zamanya” Ujar Aniqatul sekalu kepala sekolah. 

“Semoga kegiatan ini terus berlanjut di tahun-tahun berikutnya karena syarat dengan pembelajaran”ungkap Ust Very selaku ketua pelaksana..**Imam Syaroni/Afd.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here