Motori Kegiatan Sosial: Andi Kusmanto Bersama KSB Santuni Lansia di Lenteng Timur

0
58

Sumenep, www.panjinasional.net – Para anggota Komunitas Sumekar Bersatu (KSB) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, yang dimotori Andi Kusmanto melakukan kegiatan bakti sosial di Desa Lenteng Timur, Kecamatan Lenteng, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur. Sabtu (5/4/2021)
Para anggota Komunitas Sumekar Bersatu (KSB) yang terdiri dari lintas media dan NGO yang ada di Kabupaten Sumenep ini datang dan menyantuni satu keluarga yang menderita lumpuh di Dusun Cepun Barat Desa Lenteng Timur Kecamatan Lenteng, Kabupaten Sumenep.


Mereka memberikan bantuan kepada satu keluarga yang bernasib kurang beruntung tersebut berupa Mie instan dua dos, beras 25 Kg dan Susu kental manis 500 gram, dan juga gula pasir 5 Kg serta minyak goreng 2 liter.
Dana bantuan tersebut berasal dari sumbangan sebagian para anggota Komunitas Sumekar Bersatu (KSB).
Satu keluarga Lumpuh yang disambangi anggota komunitas tersebut terdiri dari seorang perempuan yang sudah berusia lanjut (lansia) 70 tahun bernama Misjeni dan seorang pria tuna Rungu serta Tuna Netra yang lumpuh sejak kecil berinisial MD yang sudah berusia 46 tahun.
Mereka berdua hidup didalam  bangunan tua yang kumuh. Atapnya pun sudah rapuh dan dinding rumah yang ia tempati juga penuh dengan tambalan dan berlumut. Untuk makan sehari harinya saja, Ia dapatkan dari tetangganya.
Ketika para anggota Komunitas Sumeker Bersatu (KSB) memberikan bantuan tersebut, nampak telihat diraut wajah perempuan berusia lanjut yang lumpuh itu sontak pancarkan rona bahagia. Ia hanya bisa menatap dan tersenyum namun tak mampu berbicara.
Koordinator Komunitas Bersatu (KSB) yang sekaligus Ketua LSM KPK Nusantara DPC Sumenep, mengatakan jika dirinya beserta anggota yang lain sangat merasa terharu ketika melihat keadaan dua manusia tangguh tersebut yang setiap harinya hanya bisa duduk dan terguling di kasur.
“Tentu, kami semua merasa terharu, karena bukan hanya status sosialnya yang begitu memperihatinkan melainkan keadaan fisiknya yang lebih menyentuh hati,” ujar Andi Kusmanto.
Pria yang dikenal berjiwa sosial tinggi ini juga menegaskan bahwa Komunitas Sumekar Bersatu (KSB) akan selalu giat melakukan kegiatan kegiatan sosial untuk membantu  masyarakat yang tidak mampu.
“Kegiatan sosial kami tidak akan berhenti disitu, karena Visi Misi Komunitas Sumekear Bersatu (KSB) akan terus melakukan kebaikan yang bermanfaat bagi masyarakat. Baik Fakir miskin, maupun anak yatim,” ucap Andi.
Andi yang dalam kegiatan ini merupakan donatur terbanyak juga mengatakan  bahwa pihaknya beserta anggota Tim Komunitas Sumekar Bersatu (KSB) yang lain masih punya banyak agenda yang akan dilakukan di bulan puasa nanti.
“Insyallah, selain saya punya agenda agenda pribadi di Bulan Suci Ramadhan. Kami dari Komunitas Sumekar Bersatu (KSB) juga akan melaksanakan hajat sesuai dengan Visi Misi kemanusian yang sudah di komitmenkan bersama,” pungkasnya.
Sementara itu, salah satu tetangga dari keluarga penerima bantuan bernama Ismail mengucapkan banyak terima kasih kepada para Anggota Komunitas Sumekar Bersatu (KSB) karena sudah mengurangi beban keluarganya di situasi pandemi Covid-19.
“Alhamdulillah, terima kasih atas semua bantuan yang sudah diberika kepada keluarga kami. Semoga Allah Swt mengganti semua kebaikan kebaikan saudara Komunitas Sumekar Bersatu,” ucap Ismail.@qib)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here