Mahasiswa UMM Menjalankan Proker Pendampingan Belajar Siswa SD Secara Gratis

0
25

Panjinasional.net – Sejak pandemi Covid-19, dunia pendidikan berubah. Pembelajaran tatap muka antara guru dan siswa telah digantikan oleh pembelajaran online. Bahkan di rumah, siswa tetap mengerjakan pekerjaan rumah (PR) yang di dapatkan dari sekolah. Orang tua juga mempunyai kewajiban yang untuk mengawasi anaknya dalam proses belajar. Meski terkesan menyenangkan, belajar di rumah bukanlah hal yang mudah bagi para orang tua.

Pembelajaran online semacam ini menyulitkan sebagian besar siswa dan orang tua. Hal ini dikarenakan sekolah memberikan banyak pekerjaan rumah (PR), disamping itu terkait dengan masalah jaringan yang membuat proses dalam penyampaian materi kurang yang efektif, belum lagi orang tua yang tidak mengetahui sistem pembelajaran online. Orang tua yang tidak bisa mendampingi anaknya belajar karena harus menjalankan tanggung jawab lainnya yaitu bekerja.

Menyikapi permasalahan tersebut, Kelompok 57 dari Pengabdian Masyarakat Mahasiswa (PMM)  Universitas Muhammadiyah Malang telah mengoptimalkan pembelajaran online untuk anak SD di era normal baru. Proyek yang dilaksanakan di Baji Ampe Kecamatan Mamajang, Kabupaten Baji Mappakasunggu, kota Makassae ini disambut baik dan didukung penuh oleh lurah dan ketua RT, dan khususnya para wali siswa.

Melalui program ini orang tua anak SD juga merasa puas dengan kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh kelompok 57 gelombang 2, karena kegiatan ini juga dapat membantu siswa memahami materi yang kurang mereka pahami dan dapat menyelesaikan pekerjaan rumahnya tepat waktu. Kegiatan pembelajaran ini dilaksanakan setiap hari Senin hingga Kamis, hanya untuk siswa kelas 2 SD.

Selain kegiatan diatas, kami juga mencari apa saja masalah selama metode pembelajaran online yang dialami oleh siswa ataupun orang tua siswa dengan cara menemui langsung dan menanyakan hal tersebut. Setelah mengetahui permasalahan yang dihadapi saya mencari solusi agar kedepannya pembelajaran yang dilakukan dengan sistem online atau daring akan lebih efektif dan maksimal.@*annisfk

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here