Pemkab Sampang Ikuti Verifikasi Lapangan Implementasi Strategi PUG untuk Penilaian APE

0
21

Panjinasional,  Surabaya _ Pemerintah Kabupeten Sampang mengikuti verifikasi Implementasi pelaksanaan strategi Pegarusutamaan Gender (PUG) Kabupaten Sampang, untuk mendapatkan Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2020 di Hotel Doubletree Kota Surabaya, Jum’at (19/03/2021).

Verifikasi lapangan diikuti oleh Bupati Sampang H. Slamet Junaidi yang di wakilkan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sampang, H. Yuliadi Setyawan, dan didampingi Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat yang juga diwakilkan oleh Istri Vanny Dariany.

Hadir dalam acara Verifikasi Lapangan antaranya, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kabupaten Sampang, HJ. Umi Hanik Laila, MM, Selaku Ketua Kelomok Kerja Pengarusutamaan Gender (Pokja PUG) Sampang, Plt. Kepala Dinas Sosial PPPA Mohammad Fadeli,SPd.MSi, bersama Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak (PPPA), Masruhah, SE.MM selaku penanggung jawab kegiatan.

Selain itu juga dihadiri seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Sampang, Ormas Kepemudaan, Ketua PWI Sampang, Muslimat NU, Fatayat, yang Jumlahnya sebanyak 25 Orang.

Dalam sambutannya, Bupati H. Slamet Junaidi berharap besar dapat penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) dengan target tingkat Utama dari Kementerian P3A RI tersebut.

“Melaui penilaian ini dan penghargaan yang akan kami terima, tentunya membuat saya lebih semangat untuk melaksanakan pengarusutamaan gender (PUG) di Kabupaten Sampang seperti memastikan seluruh kebijakan, program dan kegiatan pembangunan di Kabupaten Sampang telah setara dan adil bagi laki-laki, perempuan dan anak, penyandang disabilitas, lansia, kelompok rentan, dan lainnya”, ungkap Slamet Junaidi.

Adapun dalam APE ini terdapat empat kategori, yakni kategori pratama, madya, utama, dan penghargaan tertinggi mentor. “Kebetulan, Kabupaten Sampang baru masuk pertama akan mendapatkan penghargaan APE 2tahunan ini” pungkasnya.

Adapun alasan kuat mendapatkan penghargaan APE Kategori Utama, karena Kabupaten Sampang sudah meraih Utama dalam evaluasi Mandiri yg dilaksanakan pada bulan November 2020 silam.

Sementara Fasilitator Nasional, Herman Siregar dalam evaluasialnya mencatat sedikitnya ada 10 indikator dari 63 item indikator yang harus dipenuhi selama 2hari terakhir, untuk memastikan kelayakan mendapatkan penghargaan APE dimaksud.

“Hasil sementara, cukup memuaskan, tinggal melengkapi dokumen pendukung lainnya, sebagaimana indikator yang ada” tutup Herman.

Perlu diketahui, dari 63 indikator dimaksud, terbagi 2 item A sebanyak 40 Indikator dan item B sebanyak 23 indikator.

Adapun Kekurangan hal-hal dokumen di maksud akan dikirim melalui email yang ada, kepada Deputi Bidang Kesetraan Gender Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, dan Tim Verifikator Lapangan Implementasi Strategi Pengarusutamaan Gender (PUG) Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia.

Sementara Sekdakab Sampang, H. Yuliadi Setiawan mengaku optimis, Sampang akan menerima penghargaan tingkat Utama dalam APE PUG tahun 2020 saat ini, dengan dasar hasil penilaian yang cukup tinggi dan memuaskan.

Sesuai jadwal yang diumumkan Kementerian P3A, Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak (PPPA), Masruhah, SE.MM menjelaskan, Pengumuman kepastian mendapatkan penghargaan APE pada awal bulan April, dan waktu Penerimaan penghargaan di bulan yang sama di Jakarta Gedung Kementerian P3A RI.(San /mal )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here