Kapolres Batu: Penerapan E-Tilang di Kota Batu Berlaku Mulai 23 Maret 2021

0
59

Panjinasional, Kota Batu :  Satuan Lalu lintas ( Satlantas ) Polres Batu akan menerapkan penegakan hukum tilang elektronik ( e-Tilang ) atau Electronic Traffic Law Enforcement ( ETLE ) di wilayah Kota Batu.

Penerapan ETLE yang akan dimulai pada 23 Maret 2021. Pemberlakuan ETLE di Kota Batu akan ditempatkan ditiga titik, yakni Perempatan BCA jalan Panglima Sudirman,Perempatan Lippo Plaza Batu dan Perempatan Pesanggrahan.

Kapolres Batu AKBP Catur C. Wibowo, SIK MH saaf press conferens penerapan e-tilang di ruang command mapolres Batu jalan AP III Kadjoeng Permadi Kecamatan Junrejo kota Batu menjelaskan bahwa Electronic Traffic Law Enforcement ( ETLE ) merupakan program prioritas PRESISI Kapolri yang penindakannya Efektif dilakukan pada masa pandemi. Rabu ( 17/3/2021 ).

” Melalui ETLE tidak ada interaksi langsung / fisik antara petugas dan pelanggar sehingga menjadi metode yang paling tepat di Era New Normal “. ucapnya.

Ada tujuh jenis pelanggaran yang dapat di deteksi otomatis oleh Alat Bantu ETLE. 

” Pelanggaran yang dideteksi diantaranya menerobos lampu merah, pelanggaran marka jalan, tidak menggunakan sabuk keselamatan, menggunakan ponsel saat berkendara, melawan arus, tidak menggunakan helm dan berboncengan lebih dari dua orang ” . imbuhnya.

Terkait mekanisme sistem ETLE, Kapolres Batu  menerangkan bahwa CCTV akan mengawasi pengguna jalan di tempat yang sudah ditentukan.

” Hasil CCTV dikirim kemonitoringe – tilang, surat bukti dikirim melalui Kantor Pos ke pemilik kendaraan disertai foto pelanggaran, pelanggar akan dikenakan denda dan membayar melalui Bank BRI, jika dua pekan tidak dibayar STNK diblokir.

Untuk penerapan ini, didukung dengan empat kamera pendukung yakni kamera Face Recognition, kamera Check Point, Kamera Automatic Number Plate Recognition (ANPR) dan Traffic Flow Management “. jelasnya. ( Er )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here