Didampingi Kuasa Hukum Dari PERADI Bersatu, Warga Sumbersari Audensi Dengan Dewan

0
27
Warga Sumbersari Desa Tulungrejo di dampingi kuasa hukum dari PERADI Bersatu saat audensi dengan Pimpinan dan ketua-ketua fraksi DPRD kota Batu di ruang rapat gedung DPRD kota Batu

Panjinasional, Batu : Puluhan warga Desa Tulungrejo yang tergabung dalam paguyuban warga Sumbersari Desa Tulungrejo kecamatan Bumiaji kota Batu melaksanakan audensi dengan Pimpinan dan ketua-ketua fraksi DPRD kota Batu terkait sengketa tanah di wilayah desa Tulungrejo.

Audensi ini dilaksanakan di ruang rapat Paripurna gedung DPRD kota Batu jalan AP III Kadjoeng Permadi Kecamatan Junrejo kota Batu. Senin ( 15/3/2021 ) siang.

Di Dampingi Kuasa Hukum Dari PERADI Bersatu, Warga Sumbersari Audensi Dengan Dewan.

Selain warga Sumbersari desa Tulungrejo yang di dampingi oleh 10 kuasa hukumnya dari PERADI Bersatu,  pada audensi ini juga dihadiri langsung oleh ketua DPRD kota Batu Asmadi SP, ketua Fraksi PKS Ludi Tanarto, Ketua Fraksi PAN H Rudi, Fraksi Golkar DPRD kota Batu yang di wakili oleh Sekretaris Fraksi Golkar Ilyas, Camat Bumiaji dan Kepala Desa Tulungrejo Suliono.

Ketua DPRD kota Batu Asmadi SP menjelaskan bahwa Audensi ini di laksanakan atas surat yang di kirimkan oleh Paguyuban Warga Sumbersari Desa Tulungrejo pada tanggal 17 februari 2021 yang lalu.

” Menyikapi surat yang di ajukan tersebut maka DPRD kota Batu mengagendakan melaksanakan audensi pada hari ini.

Audensi ini membahas terkait sengketa tanah yang berada di wilayah desa Tulungrejo. Pada audensi ini, kami mendengarkan keluh kesah warga Sumbersari desa Tulungrejo yang saat ini sebagai tergugat atas tanah yang di tempatinya.

Selain itu, juga mendengarkan keterangan dari kuasa hukum warga Sumbersari terkait kronologis asal kepemilikan lahan yang di persoalkan tersebut “. jelasnya.

Asmadi SP menegaskan bahwa sebagai wakil rakyat maka apabila terjadi permasalahan di masyarakat kota Batu, maka DPRD kota Batu wajib membantu dalam upaya mencari solusi yang terbaik.

” Namun, guna menyelesaikan permasalah tersebut di harapkan untuk berkoordinasi dengan fihak pemerintahan yaitu pemerintah kota Batu maupun DPRD kota Batu “. tegasnya.

Salah satu perwakilan paguyuban warga Sumbersari Desa Tulungrejo Maryono warga Rt 6 Rw 9 Sumbersari desa Tulungrejo menyampaikan bahwa tujuan audensi ini guna wadul ( menginformasikan ) ke dewan terkait permasalahan tanah yang di hadapi warga Sumbersari desa Tulungrejo kota Batu.

” Syukur Alhamdulillah pada audensi tadi, dewan sangat bersemangat membela kami. Seperti yang di sampaikan oleh ketua DPRD kota Batu Bapak Asmadi Sp beserta Bapak Ludi, Bapak Rudi.

Kami berharap semoga permasalahan ini cepat selesai sehingga kami bisa menempati tanah tersebut dengan tenang “. ucapnya.

Di singgung terkait solusi yang akan dilakukan terkait penyelesaian perkara tanah tersebut, Maryono menyampaikan fihaknya sudah menyerahkan sepenuhnya kepada kuasa hukumnya.

” Terkait petanahan dan hukum, kami yang mayoritas bekerja sebagai buruh tani ini buta dan tidak mengerti sama sekali. Untuk itu, kami mengikuti langkah-langkah yang akan di ambil oleh kuasa hukum kami “. jelasnya.

Di jelaskan pula oleh ketua Tim PERADI Bersatu Dr Solehoddin SH MH bahwa hearing dengan DPRD kota Batu ini dalam rangka untuk memberikan penjelasan kronologis sebenar-benarnya terkait carut marutnya hak kepemilikan yang di miliki oleh penggugat.

” Selama ini pihak penggugat mengatakan bahwa ini tidak bisa di ganggu gugat karena memiliki sertifikat tanah tersebut.

Namun perlu di pahami bahwa sebuah sertifikat bisa batal, ketika dalam proses pembuatannya cacat hukum.

Seperti yang dipaparkan oleh Kayat Hariyanto SH salah satu kuasa hukum warga Sumbersari  bahwa di duga ada proses-proses yang non prosedural ketika sertifikat itu muncul.

Apalagi yang paling menarik pada prosesnya hanya memakan waktu 7 hari, kalau hanya 7 hari berarti proses permohonannya kayak bim salabim. 

Sehingga pada proses saat itu di duga tanda petik ada permainan di dalam proses terbitnya sertifikat tersebut. Ini yang menjadi alasan kami untuk menyikapi gugatan yang di ajukan oleh pihak penggugat.

Dengan demikian kita mungkin akan mengambil langkah melibatkan pihak kepala desa Tulungrejo dan camat Bumiaji untuk menjadi interprinnya, jadi intervensi di dalam hukum acara itu nanti kita akan meminta warga (  tim hukum ) menarik kepala desa dan camat terlibat dalam permasalahan ini.

Supaya ini jelas, bagaimana proses-proses yang di lakukan oleh pemilik yang sekarang terkait dengan terbitnya sertifikat “. jelasnya.

Selain Perdata ini berjalan, kemungkinan kami juga akan mengajukan gugatan ke PTUN.

 ” Sekarang ini tim lawyer akan berembuk dulu, dan tim akan bersatu untuk membackup baik untuk warga maupun kepala desa. Ini di lakukan semata-mata adalah untuk bagaimana penegakan hukum, bagaimana proses itu dilakukan dengan benar. Mengingat warga sudah cukup lama menempati dan itu tidak ada masalah hingga sekarang ini muncul permasalahan semacam itu. Kasihan warga, untuk itu kami berharap jangan sampai warga menjadi korban dalam hal ini “. imbuhnya.

Di sampaikan oleh kepala desa Tulungrejo Suliono bahwa pemerintah desa Tulungrejo sejak awal sudah membantu memediasi penyelesaian sengketa tanah di Sumbersari desa Tulungrejo.

” Menurut data dari kepala desa Tulungrejo terdahulu memang tanah tersebut milik desa, namun sejak terbitnya sertifikat atas kepemilikan tanah tersebut, dari situlah timbul permasalahan. Namun sebenarnya pemerintah desa Tulungrejo sudah membantu mediasi antara warga Sumbersari dengan pihak penggugat. Bahkan dengan permasalahan ini, kami beberapa waktu yang lalu juga pernah meminta solusi kepada pemerintah kota Batu.

Walikota Batu Dra Hj Dewanti Rumpoko menyarankan agar prosesnya di selesaikan secara kekeluargaan saja. 

“Jika dibawa ke tanah hukum bakal terus berkelanjutan dan tidak akan menemukan solusi terbaik dan titik temu. Dengan demikian, kami berharap warga dapat memahami itu semua “. harapnya.

Sekretaris Fraksi Golkar DPRD kota Batu Ilyas juga menyampaikan bahwa demi kemasalahatan warga kota Batu maka DPRD kota Batu akan mendukung langkah atau solusi yang terbaik bagi warga Sumbersari.

” Intinya kami ( fraksi Golkar DPRD kota Batu ), bersama seluruh fraksi-fraksi DPRD kota Batu sangat mendukung warga Sumbersari. Namun saya berharap, kepada warga Sumbersari agar kompak dan memiliki komitmen, sehingga bisa mendapatkan solusi yang terbaik “. ucap Ilyas yang di tunjuk langsung oleh ketua Fraksi Golkar untuk menghadiri audensi ini “. ( Er ).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here