Sinergritas FPRB Bersama Gugus Tugas Covid-19 Desa Tulungrejo Dalam Penanganan Bencana

0
64
Kepala desa Tulungrejo Suliono bersama Babinkamtibmas desa Tulungrejo Polsek Bumiaji dan Wakil ketua FPRB desa Tulungrejo

Panjinasional, Batu : Gugus Tugas Penanganan covid-19 Pemerintah desa Tulungrejo bersama Forum Penanggulangan Resiko Bencana ( FPRB ) desa Tulungrejo bahu membahu dalam mangantisipasi dan menanggulangi kebencanaan yang terjadi wilayah desa Tulungrejo. Baik penanganan bencana alam seperti tanah longsor, banjir, angin puting beliung, kebakaran maupun dalam rangka penanganan dan pencegahan penyebaran covid-19.

Ketua Forum Penanggulangan Resiko Bencana ( FPRB ) Desa Tulungrejo Suwono menjelaskan bahwa FPRB yang beranggotakan 30 orang relawan ini berdiri sejak 2019 yang lalu. Jum at ( 12/3/2021 ).

FPRB Desa Tulungrejo saat penanganan bencana tanah longsor
FPRB Desa Tulungrejo saat penanganan bencana angin puting beliung

” Selain turun langsung untuk membantu penanganan bencana yang terjadi di wilayah desa Tulungrejo, kami juga memberikan himbauan kepada warga ketika terjadi kebencanaan agar tidak panik dan selalu waspada terhadap lingkungannya.

FPRB juga berkoordinasi dengan BPBD setiap terjadi bencana alam tanah longsor, banjir, angin puting beliung seperti kejadian bencana alam yang terjadi di Dusun Junggo, Dusun Wonorejo dan Dusun Kekep. 

Koordinasi juga di lakukan dengan dinas PMK kota Batu seperti penanganan kebakaran yang terjadi sperti kebakaran dusun ngondang beberapa waktu yang lalu. Selain itu, FPRB juga melakukan pengaman gangguan di lingkungan masyarakat seperti pengamanan orang gila untuk di serahkan ke dinas Sosial kota Batu.

Namun semua itu juga atas peran serta dari Babinkamtibmas Polsek Bumiaji, Babinsa, pemerintah desa Tulungrejo dan masyarakat “. jelasnya. FPRB juga ikut berperan serta dalam penanganan dan pencegahan penyebaran covid-19 di wilayah desa Tulungrejo.

” Bersama gugus tugas penangan covid-19 desa Tulungrejo, FPRB juga melakukan tindakan pencegahan penyebaran covid-19 dengan  penyemprotan cairan desinfektan di seluruh wilayah desa Tulungrejo, evakuasi warga konfirm covid-19 dan isolasi mandiri “. imbuhnya.

Kepala Desa Tulungrejo Suliono menyampaikan dengan di bentuknya FPRB ini sangat membantu Pemdes Tulungrejo dalam menangani kejadian kebencanaan di wilayah desa Tulungrejo. ” Berbagai kebencanaan yang terjadi di desa Tulungrejo sudah teratasi berkat kerja keras dari FPRB, walaupun sampai saat ini mereka bekerja secara sukarela tanpa imbalan apapun.

“Kami berharap, dengan di bentuknya FPRB ini bisa menjadi barometer bagi Pemkot Batu dalam menangani dan mengantisipasi kebencanaan serta rawan kebencanaan di desa-desa lainnya “. harapnya.

Suliono yang juga selaku ketua Gugus Tugas Penangan Covid-19 desa Tulungrejo, juga menyampaikan bahwa selain bersama-sama melakukan penanganan pencegahan penyebaran covif-19, Pemdes Tulungrejo, juga membantu masyarakat yang terdampak ekonomi akibat pandemi covid-19 saat ini.

” Berkat kerja keras semua fihak dan kedisiplinan dalam protokol kesehatan dengan menerapkan 3 M maka wilayah desa Tulungrejo saat ini masuk zona hijau. Namum dampak ekonomi juga masih dirasakan oleh masyarakat yang terdampak langsung akibat pandemi covid-19 ini. Untuk itu, pada hari ini kami juga sudah mulai menyalurkan bantuan langsung tunai ( BLT ) dana Desa ( DD ) sebesar 300 ribu rupiah kepada 80 kartu keluarga ( KK ), yang akan di berikan selama 12 bulan kedepan.

Hal ini kami lakukan, sesuai amanat undang-undang yang mewajibkan untuk menganggarkan minimal 8 persen dan maksimal 25 persen Dana Desa ( DD ) untuk penangan pandemi covid-19, antara lain di peruntukkan bantuan langsung tunai, biaya pemakaman serta konsumsi bagi warga yang isolasi mandiri. “. jelasnya. ( Er )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here