BPS RI Tinjau Desa Pesanggrahan “Desa Cinta Statistik 2021” di Kota Batu

0
13

Panjinasional, Batu :  Badan Pusat Statistik (BPS) RI  kunjungi desa Pesanggrahan Kecamatan Batu Kota Batu. Selasa (9/3/2021) Kunjungan tersebut dalam rangka peluncurkan program Pembinaan Statistik Sektoral Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) pada 2021. 

Di sampaikan oleh Kepala Desa Pesanggrahan Imam Wahyudi bahwa Program tersebut merupakan salah satu inovasi yang dilakukan BPS RI, dengan tujuan mempercepat pelaksanaan reformasi birokrasi di seluruh Kementerian atau Lembaga. 

” Desa Pesanggrahan masuk sebagai salah satu pengusulan menjadi Desa Cantik “. jelasnya. 

Sekretaris Utama Badan Pusat Statistik (BPS) RI Dr Margo Yuwono, S.Si, M.Si, saat berkunjung ke Desa Pesanggrahan Kota Batu menyampaikan bahwa desa Pesanggrahan menjadi salah satu desa yang menarik, sebagai kandidat desa cantik, setelah dilakukan evaluasi secara nasional dan diseleksi oleh panitia dengan kesiapan infrastrukturnya.

” Desa menjadi fokus program BPS RI,  karena desa yang paling dekat dengan masyarakat, sekaligus sebagai ujung tombak pembangunan “. jelasnya.

Pembangunan tidak boleh hanya mementingkan ekonomi tetapi juga harus mementingkan lingkungan.

Dalam pembangunan terdapat 3 unsur yakni unsur ekonomi, unsur sosial dan unsur lingkungan. 

” Kegiatan Bina Desa Cinta Statistik sebagai bentuk pembinaan. Untuk mengingat peranan desa dalam meningkatkan pembangunan desa berkelanjutan.

Program Desa Cantik ini sejalan dengan semangat Satu Data Indonesia yaitu mewujudkan keterpaduan perencanaan pelaksanaan, evaluasi, dan pengendalian pembangunan “. imbuhnya. ( Er )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here