84 Anggota Peradi RBA Malang Ikuti Pengangkatan dan Pengambilan Sumpah / Janji

0
51
Foto bersama usai pelaksanaan pengangkatan dan pengambilan sumpah / janji di Singhasari Resort Batu

Panjinasional, Batu : Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI) Rumah Bersama Advokat (RBA) Malang, wilayah hukum Pengadilan Tinggi Surabaya gelar pengangkatan dan pengambilan sumpah/Janji yang di laksanakan di Singhasari Resort jalan Ir. Soekarno Hatta, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, pada Kamis (4/3/2021) siang.

Pengangkatan dan pengambilan sumpah / janji itu, di pimpin langsung oleh Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Surabaya, Dr. H. Siswandriono, SH., MH.

Kegiatan ini dilaksanakan, dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan dengan menerapkan 3 M untuk mencegah penyebaran wabah Covid-19.

Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Surabaya Dr H Siswandriono SH MH berharap agar wabah covid-19 yang sedang melanda dunia, baik Indonesia umumnya dan Malang Raya khususnya dapat segera berakhir, sehingga aktifitas masyarakat terutama para Advokat dapat kembali melaksanakan tugas dan fungsinya secara normal sebagaimana mestinya.

Pengadilan Tinggi Surabaya memiliki fungsi negara, salah satu kewenangan itu adalah mengangkat dan mengambil sumpah / janji advokat,  sebagaimana pelaksanaan hari ini.

“Kami mengucapkan Selamat kepada Advokat yang baru dilantik tadi. Semoga kita dapat memberi pelayanan dan keahlian ilmu hukum yang terbaik dalam interaksi penegakan hukum kepada masyarakat, begitu juga kepada penyelenggara kekuasaan Negara khusus dalam sistem penegakan hukum di Indonesia,” ujarnya.

Pengangkatan dan pengambilan sumpah / janji ini proses dari tahapan yang disyaratkan untuk menjadi advokat, setelah waktu dan proses panjang yang membutuhkan kesabaran, keuletan, tenaga dan biaya yang harus dijalani dan dipikul seorang Advokat.

“Dimulai dari menyelesaikan pendidikan tinggi berlatar belakang hukum yang hampir seluruhnya bergelar sarjana hukum. Kemudian mengikuti Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA), setelah itu lulus ujian profesi advokat (UPA) dan magang selama dua tahun terus menerus,” ujarnya.

Pelaksanaan PKPA, Ujian Profesi Advokat dan magang dilakukan dan diawasi Peradi, dan proses tersebut sesuai perintah UU Advokat yang harus ditaati dan dilaksanakan oleh Peradi secara konsekwen dan konsisten.

“Tujuannya agar terbentuk advokat sebagai penegak hukum professional dan proporsional dalam menjalankan profesinya serta tetap menjaga marwah advokat sebagai profesi terhormat (officium nobile).

Untuk itu di harapkan kepada 84 Advokat baru tersebut, agar tetap menghayati dan mengamalkan sumpah atau janji yang telah dilafalkan, serta taat dan menjunjung tinggi Kode Etik Advokat Indonesia “. jelasnya.

Ketua PERADI Rumah Bersama Advokat ( RBA ) Malang Akhmad Siswantoro SH bersukur bahwa pengangkatan dan pengambilan sumpah / janji ini bisa terlaksana dengan sukses.

” Saya bersyukur karena pengangkatan dan pengambilan sumpah / janji ini bisa terlaksana di mulai maret ini. Menginggat Pengadilan Tinggi Surabaya hampir satu tahun tidak melaksanakan kegiatan ini di karenakan covid-19. 

Setelah mengikuti pengangkatan dan pengambilan sumpah / janji ini para advokat menunggu berita acara setelah itu kartu tanda pengenal advokat “. jelasnya

Sebenarnya untuk anggota PERADI RBA Malang sendiri ada hampir 250 orang. Untuk menjadi anggota RBA harus sudah melalui proses pengangkatan dan pengambilan sumpah / janji yang di laksanakan oleh pengadilan tinggi.

” Untuk hari ini sebenarnya ada 86 orang yang mengikuti pengangkatan dan sumpah janji oleh pengadilan tinggi Surabaya ini, namum karena ada kendala ada 2 orang yang berhalangan hadir. Sehingga hanya 84 orang yang mengikuti pengangkatan dan sumpah /janji ini.

Saya berharap semoga adik-adik advokat yang baru ini dalam menjalankan profesinya dengan menjunjung tinggi etika, moral dan profesi  “. jelasnya. ( Er ).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here