Saat Penilaian Lomba Inovasi Pelayanan Desa, PWI Temukan Balai Desa Tidak Difungsikan

0
25
Balai desa Jelgung kecamatan Robatal nampak kosong seakan tanpa ada pelayanan

Panjinasional.net. Sampang – Masih dalam rangkai hari Pers Nasional (HPN) Ke-75, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten sampang mengadakan berbagai Lomba. jum,at 12/2/2021

Beberapa Lomba diantaranya tentang Inovasi Pelayanan 180 Desa dan 14 Kecamatan Se’Kabupaten Sampang. Sedangkan Ketua Pelaksana lomba HPN Ke-75 PWI Sampang, Moh. Rifadi menuturkan, lomba tersebut dikarenakan banyak Balai Desa yang di bangun Pemerintah Sampang, akhirnya tahu yang tidak digunakan, hingga dialih fungsikan oleh oknum kepala desa dan masyarakat setempat.

Adapun salah satu Balai Desa yang terlihat hidup segan mati tak mau, yaitu Balai Desa Jelgung Kecamatan Robatal.

Dimana saat Tim penilai HPN Ke-75 PWI Sampang tinjau Lokasi tersebut, tidak terlihat aktifitas pelayanan, dan hanya ada seorang penjaga yang mengaku sekretaris Desa bernama Moh. Zaini.

Itupun datang setelah petugas

kecamatan yang menghubungi.

Sementara Kepala Desa Jhelgung, H.Abd Hamid tidak ada di tempat, dan meyakinkan pengakuan warga sekitar, kalau Kadesnya tersebut jarang ke Balai Desa.

Sementara kondisi setiap ruang Balai Desa tampak kotor berserakan, bahkan ruang kerja Kepala Desa tidak ditemukan Kursi dan Meja yang seharusnya dan layak.

Untuk itu, Rifadi, atas nama PWI Sampang berharap Balai Desa yang ada tersebut, segera di fungsikan, utamanya untuk pelayanan Masyarakat Desa setempat, agar masyarakat Desa tidak kebingungan dan lebih mudah untuk mencari pelayanan, Khususnya secara umum Pembuatan dokumen kependudukan.

Pengurusan Dokumen kependudukan dimaksud diantaranya, Pembuatan KTP, KK, Akte Kelahiran, Akte Kematian, hingga Surat Pindah-Datang, dan lain sebagainya.

Ditambahkan Sekretaris PWI Sampang, sekaligus Sekretaris Panitia HPN, Hanggara Pratama disela-sela Penilaian Desa mengungkapkan, dalam lomba ini tentunya telah berkoordinasi dengan PWI Jawa Timur dan Pemerintah Kabupaten Sampang.

Tema acara, Sinergitas Kuat, Untuk Sampang Hebat Bermartabat, diharapkan peran aktif Kepala Desa Bersama perangkat Desa, baik melayani masyarakatnya, hingga menerapkan berbagai program pemerintah, serta menyampaikan hasil pembangunan Kabupaten Sampang.

Ditambahkan Ketua PWI Sampang, Fathor Rahman menegaskan, Desa wajib memiliki kantor pelayanan, dimana yah memiliki balai Desa wajib ditempati sesuai peraturan Bupati, dan bagi yang tidak memiliki Balai Desa, diharuskan pula memiliki kantor pelayanan Desa semampunya kepala Desa. Baik sewa atau menyekat sebagian ruang rumah Kepala Desa, dengan harapan Masyarakat Desa tidak kebingungan saat butuh pelayanan pemerintahan desa.

Terpisah, Sejumlah Kepala Desa dan Kecamatan banyak merespon positif dari lomba yang digelar oleh PWI Sampang. Bahkan sejak dimulainya lomba tersebut tanggal 15 Januari 2021 silam, saat ini banyak Kepala desa yang mulai berbenah, Khususnya Inovasi Pelayanan Desa sebagaimana kriteria penilaian lomba yang telah di umumkan. Diantaranya Desa Bancelok dan Kecamatan Jrengik Kabupaten Sampang yang paling aktif berkoordinasi dengan Panitia HPN Ke-75 PWI Sampang. Dimana setiap kriteria penilaian lomba mulai banyak terpenuhi.

Kembali diungkapkan Ketua PWI Sampang, Fathor Rahman, bahwasanya Seorang Wartawan tidak harus selalu pandai mengkritik dengan tulisan-tulisannya, namun juga bisa memberikan solusi. Antara Inovasi, Edukasi yang edukatif seperti halnya saat ini menggelar lomba untuk memotivasi lebih baik.(San /Mal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here