Kecamatan Sokobanah Gelar Musrenbang RKPD 2022, Sektor Wisata Menjadi Perhatian Bupati Sampang

0
18

Panjinasional.net Sampang – Bupati Sampang H. Slamet Junaidi saat memberikan sambutan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Sampang Tahun 2022 hari pertama digelar di Kecamatan Sokonanah, Senin, (8/2/2021).

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Bupati H. Slamet Junaidi, Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat, Sekdakab Yuliadi Setiawan, Perwakilan ADPRD Sampang Dapil V, para Kepala OPD, Forkopimcam Sokobanah, Kepala Desa dan Toga serta Tomas setempat.

Tema Sentral yang dibahas pada dalam Musrenbang di Sokobanah itu “Peningkatan dan Pemerataan Pembangunan Infrastruktur dalam mendukung Pemantapan Pemulihan Ekonomi Menuju Sampang Hebat Bermartabat”.

Camat Sokobanah Abdul Fatah dalam laporannya menyampaikan bahwa wilayahnya termasuk dalam destinasi wisata Pantura.

Oleh karenanya, beberapa tempat wisata telah tersentuh anggaran untuk pengembangan seperti halnya Pantai Lon Malang telah dibangun beberapa wahana baru kemudian kios cinderamata.

Selain itu, tahun ini akan melakukan pengembangan agrowisata petik melon di Desa Bira Timur sebagai upaya peningkatan ekonomi.

Adapun potensi dari berbagai sektor yang bisa dikembangkan di Sokobanah yakni wisata pantai lon malang, sektor pertanian penghasil bawang merah di tamberu Laok, madu tawon Sokobanah Laok dan mente di desa tamberu barat dan daya.

Sementara itu, Bupati Sampang H. Slamet Junaidi meyampaikan beberapa program prioritas yang menjadi sasarannya pada tahun 2022 mendatang. Salah satunya adalah infrastruktur yang belum tuntas pada 2020 tahun kemarin.

Pihaknya juga menyampaikan akan berkomitmen melakukan program berkesinambungan agar tidak ada program yang terbuang sia-sia.

“Seperti halnya dalam membangun jalan, jika tahun pertama dianggarkan 3 kilometer kemudian tahun berikutnya terus dilakukan sampai tuntas jadi akhirnya masyarakat benar benar merasakan manfaatnya tidak hanya setengah setengah,” ungkapnya.

Sokobanah yang akan menjadi kawasan wisata akan terus dikembangkan bagaimana bisa menghasilkan Pendapatan Asli Daerah yang maksimal.

Untuk mewujudkan hal tersebut, pihaknya berkomitmen kepada penerima program agar bersama-sama melakukan program continue dan menghasilkan income bagi masyarakat sekitar.

“Kecamatan Sokobanah menjadi salah satu proyeksi kawasan Wisata Pantura untuk peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) kemudian perbaikan jalan hingga ke pelosok-pelosok terus kita lakukan salah satunya penghubung menuju Robatal,”

Pihaknya juga mengisyaratkan kepada semua pihak untuk membuat program yang nyata dan bermanfaat terhadap masyarakat.

“Saya tegaskan jangan ada program akal-akalan yang tidak ada manfaatnya dan hanya mementingkan individu dan golongan. Jangan sampai seperti itu,” pesannya.

Kabar baik juga menyelimuti Kepala Desa (Kades) se Kabupaten Sampang karena pada 2022  akan diberikan satu unit kendaraan roda empat kepada seluruh Kades diseluruh Kabupaten Sampang sebagai mobil siaga.(San/mal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here