Dewan Pengawas LPI Resmi Dilantik Jokowi. Sri Mulyani Jadi Ketua

0
13
Pelantikan dan sumpah jabatan kepada 5 Dewan Pengawas LPI

Dewan Pengawas LPI dilakukan Berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 6/P tahun 2021

Panjinasional Jakarta. Presiden Joko Widodo melantik dan mengambil sumpah jabatan Anggota Dewan Pengawas Lembaga Pengelola Investasi (LPI) pada Rabu, 27 Januari 2021. Acara pelantikan berlangsung di Istana Negara, Jakarta, dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Pelantikan para anggota Dewan Pengawas LPI tersebut dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 6/P Tahun 2021 yang ditetapkan di Jakarta pada 22 Januari 2021.

Para anggota Dewan Pengawas LPI yang dilantik tersebut ialah:

Menteri Keuangan, sebagai ketua merangkap anggota;

Menteri Badan Usaha Milik Negara, sebagai anggota;

Haryanto Sahari, sebagai anggota untuk masa jabatan tahun 2021-2024;

Yosua Makes, sebagai anggota untuk masa jabatan tahun 2021-2025; dan

Darwin Cyril Noerhadi, sebagai anggota untuk masa jabatan tahun 2021-2026

Dewan Pengawas LPI terdiri atas lima orang dengan dua di antaranya ditetapkan sesuai Undang-Undang Cipta Kerja, yakni Menteri Keuangan dan Menteri Badan Usaha Milik Negara. Adapun tiga orang lainnya berasal dari unsur profesional dan independen yang sebelumnya telah melalui sejumlah proses seleksi serta memperoleh persetujuan DPR.

Sesuai dengan Peraturan Pemerintah nomor 74 Tahun 2020 tentang Lembaga Pengelola Investasi, dewas bertugas untuk melakukan pengawasan atas penyelenggaraan LPI yang dilakukan oleh dewan direktur. Melansir rilis yang disampaikan oleh LPI, dewas juga bertugas untuk menyusun pengaturan dasar-dasar pengelolaan LPI sebagai landasan bagi kegiatan operasional LPI nantinya.

LPI merupakan lembaga yang diberi kewenangan khusus dalam rangka pengelolaan investasi pemerintah pusat sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja. Adanya LPI akan menjadikan kemudahan dan keamanan bagi investor untuk berinvestasi di Indonesia.

Pelantikan dewas dari pemerintah dan profesional akan mendorong LPI yang solid, kredibel dan efektif. Dewas yang terpilih diyakini memiliki perspektif global dan berpengalaman dalam menangani transaksi internasional yang sangat diperlukan mengingat lingkup bisnis LPI berskala global.@red. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here