KPK Geledah dan Periksa Beberapa Kantor Dinas Terkait Kasus Gratifikasi Pemkot Batu, Dalami Pemberian Uang

0
11

Panjinasional.  Malang Batu – Setelah menggeledah dan membawa berkas di kantor Dinas PUPR.  Pendidikan dan Pariwisata dilanjutkan ke kantor Dinas Perijinan dan Dinas Kebakaran Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggali informasi terkait dugaan pemberian uang dalam kasus dugaan gratifikasi di Pemerintah Kota Batu.

Ali Fikri Pelaksana Tugas Juru Bicara KPK mengatakan, dugaan pemberian uang itu didalami penyidik saat memeriksa pemilih PT Gunadharma Moh Zaini, Selasa (5/1/2021) lalu.

“Moh Zaini didalami pengetahuannya terkait dugaan pemberian sejumlah uang kepada pihak yang terkait perkara ini agar bisa mendapatkan proyek pekerjaan di Pemkot Batu,” kata Ali, Kamis (7/1/2021).

Zaini juga menerangkan, penyidik juga memeriksa mantan asisten rumah tangga mantan Wali Kota Batu Eddy Rumpoko, Kristiawan, sebagai saksi dalam kasus ini.

Masih sebagai saksi Kristiawan diperiksa terkait dugaan perannya sebagai perantara penerimaan uang dari para kontraktor dan SKPD di Pemkot Batu saat Edy Rumpoko menjabat sebai Walikota Batu.

Pada Rabu (6/1/2021), penyidikpun telah menggeledah kantor Dinas PUPR Batu, Dinas Pendidkan Batu, dan Dinas Pariwisata Batu dalam penyidikan kasus ini. Kasus gratifikasi ini merupakan pengembangan dari kasus suap yang menjerat mantan Wali Kota Batu Eddy Rumpoko.

Sebelumnya Eddy Rumpoko telah divonis bersalah menerima suap senilai Rp 295 juta dan satu unit mobil Toyota Alphard senilai Rp 1,6 miliar dari pengusaha Filiput Djap. Atas perbuatannya, Eddy telah dijatuhi hukuman 5,5 tahun penjara dan denda Rp 200 juta subsider 3 bulan kurungan oleh majelis kasasi Mahkamah Agung pada 2019 lalu.

Sedangkan Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko menyatakan bahwa dirinya tidak mengetahui perihal penggeledahan yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di beberapa kantor dinas, atau Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Batu.

“Saya tidak tahu, karena saya berada di lantai lima,” kata Dewanti singkat, saat ditemui awak media usai melaksanakan rapat koordinasi vaksinasi COVID-19, di Balai Kota Among Tani Kota Batu, Jawa Timur,.@erf/tim.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

one + 1 =