PROYEK PASAR BODONG DESA KERTOSONO, DI DUGA ASAL-ASALAN KARENA RAB HILANG

0
375
Proyek Pasar Desa Kertosono sudah selesai di bangun meski tanpa RAB
Proyek Pasar Desa Kertosono sudah selesai di bangun meski tanpa RAB

Gresik, www.panjinasional.net – Sebuah proyek bangunan pasar diduga Bodong berada di desa kertosono kecamatan Sedayu Gresik. Tanpa papan nama, tanpa Rencana Anggaran Biaya (RAB) yang jelas, pemerintah desa kertosono telah melaksanakan kegiatan pembangunan pasar desa dengan anggaran ratusan juta rupiah.

Karena tanpa RAB yang jelas maka pembangunannya pun di duga asal –asalan. Tampak sekali terlihat bangunan dindingnya berada diatas pondasi lama, dan tidak ada struktur dasar besi bertulang.

Kades Kertosono,  Hijir  saat dikonfirmasi tentang berapa RAB untuk proyek  pasar desa tersebut mengatakan RAB nya tidak ketemu “Ndak ketemu RAB yg lama pak….” Jawab Kades melalui Whatsappnya. (3/12/2020)

Pembangunan proyek pasar tersebut juga menjadi kasak kusuk warga sekitar, pasalnya beredar kabar pula jika ada upaya perubahan RAB baru untuk proyek yang sudah jadi tersebut.

Bangunan yang diperkirakan seluas 8 x 16 meter persegi ini dibangun dengan tembok setinggi satu meter dengan rangka dan atap galvalum / baja ringan, sementara lantainya di rabat nampak sudah selesai pengerjaannya.

Sementara M. Khoiri, SPd. Ketua BPD desa Kertosono saat dikonfirmasi terkait proyek pasar tersebut mengatakan anggarannya seratus juta.

“proyek tersebut anggarannya seratus jutaan, untuk pastinya bisa di cek tim pelaksana atau ke balai desa, proyek sudah selesai namum belum ada laporan.” Kata khoiri saat di telpon.

Saat disinggung tentang perubahan RAB proyek tersebut Khoiri nampak kaget dengan pertanyaan panjinasional.

“lho sampean tahu sampe segitu? Ada perubahan ta? Kalo ada perubahan kan saya di kasih tahu, ini kan saya tidak dikasih tahu kalo ada perubahan. “ jelas Khoiri.

Sedangkan Camat Sedayu, Nuryadi saat dikonfirmasi tentang adanya perubahan RAB proyek pasar tersebut mengatakan sah – sah saja.

“ya tidak ada masalah, merubah RAB sejauh pelaksanaan proyek tersebut belum dilaporkan. “ kata Nuryadi via teepon selulernya (4/12/2020).

Untuk memastikan keberadaan proyek dan besaran anggaran negara yang digunakan, panjinasional akan terus melakukan investigasi ke berbagai pihak dan instansi terkait. (shol)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here