Kebun Desa Dorong menjadi Sektor Kepariwisataan Di Desa Tulungrejo.

0
21
Suliono Kepala Desa Tulungrejo

Panjinasional, Batu : Pemerintah desa Tulungrejo melalui badan usaha milik desa ( Bumdes ) Tulungrejo manfaatkan tanah kas desa ( TKD ) untuk dirikan wahana wisata ” Kebun Desa “.

Di bangunnya wisata desa ini, bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat lewat sektor kepariwisataan desa Tulungrejo.

Selain menyajikan suasana alam yang masih asri, ” kebun desa ” juga menyajikan masakan khas desa Tulungrejo.

Kepala Desa Tulungrejo Suliono, menyampaikan di bagunnya wisata kebun desa ini juga untuk mendukung program dari  Pemerintah Kota Batu yaitu “Desa Berdaya Kota Berjaya”.

” Di sini kami memanfaatkan lahan desa seluas 8 hektar. Kami jadikan tempat wisata berbasis alam, dan kami yakini akan berpotensi besar untuk menarik wisatawan dari luar daerah,” terang Suliono. Selasa ( 15/12/2020 ).

Untuk proses pembangunan wisata kebun desa ini bersumber dari dana desa.

” Sejauh ini kami sudah menghabiskan dana sekitar 450 juta. Namun untuk pembangunannya masih membutuhkan anggaran lagi.

Dengan demikian besar harapan kami bisa mendapat suport dari Pemerintah Kota melalui Dinas Pariwisata.

Karena kalau hanya mengandalkan dana desa saja tanpa adanya bantuan dari pemerintah, maka pembangunan dan realisasinya akan terhambat.

Kalau untuk penyelesaian pengerjaan pembangunan wisata kebun desa sampai rampung, kami butuhkan anggaran dikisaran 60 milyar.

Sebenarnya bisa saja kami menggandeng investor swasta, namun hal itu tidak kami lakukan, karena kami berharap tidak ada campur tangan dari luar “.

Sementara itu, Arif salah satu pelaku wisata di Kota Batu, menyarankan agar kebun desa ini lebih di optimalkan lagi.

” Saran saya agar dioptimalkan supaya bisa lebih mengena dan dikenal. Saya rasa di kebun desa ini bisa juga digunakan untuk kegiatan preweed dan wedding. 

Karena selama ini kebanyakan orang melakukan hal tersebut di hotel. Nah, dengan adanya Resto Kebon Desa sekarang waktu dilaksanakan di desa dengan memanfaatkan alam yang indah dan asri.

Kebun desa ini kalau di kemas lebih baik lagi maka diyakini bakal menarik wisatawan baik domestik maupun mancanegara “. (Erf/ tim )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here