Wabup Purworejo Yuli Hastuti Dinilai Bertanggung Jawab atas Dugaan Korupsi Propendakin 2018

0
726
Foto : Kajari Purworejo Digdoyono Basuki S dan Kasi Pidsus Widiarso
Foto : Kajari Purworejo Digdoyono Basuki S dan Kasi Pidsus Widiarso

PURWOREJO – Panjinasional.net- Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti disebut-sebut paling bertanggung jawab atas dugaan adanya kerugian negara dan kerugian ekonomi negara pada perkara pidana Program Peningkatan Pendapatan Masyarakat Miskin (Propendakin) 2018 Kabupaten Purworejo.

Nama Wabup Yuli Hastuti jadi perbincangan publik, sebab namanya tercatat dalam Lampiran Surat Keputusan (SK) Bupati bernomor 180-18/ 368/ 2016 tentang Pembentukkan Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Kabupaten Purworejo.

Selain Wabup, nama Sekretaris Daerah (sekda) sebagai Wakil Ketua Tim dan Sekretaris Tim dijabat oleh Kepala Bappeda dan Wakil Sekretaris adalah Kepala Bapermades.

Sedangkan Bupati Purworejo Agus Bastian sebagai Penanggung Jawab Tim Penanggulangan Kemiskinan Kabupaten Purworejo.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Purworejo, Digdoyono Basuki Susanto (DBS), SH MH mengungkapkan bahwa pihaknya meyakini terdapat kerugian negara dan kerugian ekonomi negara pada perkara pidana Propendakin 2018.
“Dari hasil penyelidikkan kami sejak Bulan Juli 2020, sudah dapat kami simpulkan adanya peristiwa pidana yang akhirnya kami naikkan statusnya menjadi penyidikkan,” ungkap DBS, kepada sejumlah wartawan, pekan lalu.

Kajari Purworejo menjelaskan, dalam penyidiikan nanti akan mencari dimana letak kesalahannya baik secara administrasi.
“Dan kami akan mencari siapa yang paling bertanggung jawab, disitulah kami akan mendapatkan tersangkanya,” beber DBS.

Diungkapkan, pihaknya belum bisa terbuka terkait langkah-langkah yang sudah dilakukan Tim Kejari. “Mohon bersabar dan ditunggu saja,” tukasnya.

Namun, dia sempat menyebutkan beberapa kepala desa dan beberapa pejabat Pemerintah Kabupaten (pemkab) Purworejo juga sudah dimintai keterangan. (**BYHR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here