Kafillah Kecamatan Manyar Raih Juara Umum MTQ XXIX Gresik

0
21

Gresik, www.panjinasional.net – Kelompok Kafillah Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik sabet juara Umum Musyabaqoh Tilawatil Al-Qur’an XXIX Kabupaten Gresik Tahun 2020.

Keputusan Juara ini setelah pada Minggu (29/11/2020) Malam, perhelatan MTQ ke 29 tersebut ditutup di Masjid Agung (MAG) Gresik. Setelah Kelompok Kafillah Kecamatan Manyar meraih juara Umum dengan menempatkan 8 juara 1. Disusul Kecamatan Bungah sebagai juara umum II dengan menempatkan 6 juara 1.

Praktis pada gelaran MTQ ke 29 Gresik tahun 2020, Kedigdayaan Kafillah Kecamatan Manyar telah menggeser kedigdayaan Kafillah Kecamatan Bungah yang dalam beberapa putaran sebelumnya selalu meraih juara umum.

Gelaran MTQ yang berlangsung selama 3 hari sejak dibuka pada Jum’at malam lalu oleh Penjabat Sekda Gresik Abimanyu Poncoatmojo Iswinarno memang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Dalam sambutannya saat membuka MTQ, Abimanyu Poncoatmojo Iswinarno mengatakan, Tujuan penyelenggaraan MTQ ini yaitu membumikan Al-Quran di seluruh wilayah Gresik.

“Al-Qur’an Tak hanya dibaca tapi, direnungkan dan diamalkan pada kehidupan kita sehari-hari. Penyelenggaraan MTQ ini juga untuk menjaring kafillah unggul dari Gesik untuk MTQ di tingkat regional maupun nasional” tandas Abimanyu.

Pelaksanaan MTQ yang mengacu pada Protokol Kesehatan tentu pada pembukaannya yang kali ini berlangsung di MAG, tentu tidak semeriah seperti pelaksanaan tahun sebelumnya.

Tidak ada pawai maupun deville, peserta atau Kafillah hanya mengikuti pembukaan melalui daring yang difasilitasi oleh Dinas Kominfo Gresik Bersama Bagian Humas Kabupaten Gresik. Sedangkan pelaksanaan lomba terbagi dalam 14 titik, dimana pihak panitia sangat mengetrapkan fisichal distancing dalam setiap pelaksanaannya.

Ada 7 cabang yang dilombakan masing-masing, Musyabaqoh Tilawah Al-Qur’an, Musyabaqoh Hifdhil Al-Qur’an (MHQ), Musyabaqoh Tafsir Al-Qur’an, Fahmil Al-Qur’an (MFQ), Musyabaqoh Syarhil Al-Qur’an (MSQ), Musyabaqoh Khoth Al-Qur’an (MQI) dan Musyabaqoh Makalah Al-Qur’an (MMQ).

Menurut Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Wafik kepada Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemkab Gresik Reza Pahlefi, Cabang yang dilombakan ini mengacu pada MTQ tingkat Nasional.

“Kami berharap nantinya para juara ini bisa diikutsertakan pada MTQ tingkat Regional Jawa Timur mewakili Kafillah Kabupaten Gresik, maupun ikut pada MTQ Nasional mewakili Kafillah Propinsi Jawa Timur” tandas Wafik.

Masih menurut Wafik, sesuai arahan Bupati Gresik Dr. Sambari Halim Radianto, penyelenggaraan MTQ ke 29 Kabupaten Gresik ini tetap dilakukan dengan syarat protocol Kesehatan yang ketat. Ditambahkan oleh Wafik, pihaknya menempatkan pelaksanaan MTQ ini pada 14 titik yaitu 4 titik di MAG, 2 titik di Gedung SMP Negeri 2 Kebomas, 4 titik di SMA Negeri Kebomas.

Masing-masing satu titik yaitu di Masjid Baitul Islah dan Mushollah Al-Jabbar keduanya di Perum ABR. Masjid Nusantara 1 Randuagung dan Masjid Sunan Giri di Perum Griya Kembangan Asri.

Adapun peringkat juara pada perhelatan MTQ 29 Gresik tahun 2020 yaitu, Juara Umum Kelompok Kafillah Kecamatan manyar, Runner-up kelompok Kafillah Kecamatan Bungah, Juara III diraih kelompok kafillah Kecamatan Ujungpangkah, Ranking IV di raih kelompok Kafillah Kecamatan Panceng dan Ranking V diraih kelompok Kafillah Kecamatan Wringinanom. (shol)  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here