Kades Kaibon Fokuskan Program Drainase Antisipasi Musim Penghujan

0
49

Panjinasional. Madiun – Memasuki musim penghujan saat ini,memang diperlukan persiapan untuk menghadapi permasalahan banjir akibat sistem drainase yang kurang bagus. Normalisasi saluran air untuk memperlancar arus air sangat diperlukan sekali, terlebih musim hujan sudah tiba dan intensitas nya cukup tinggi.

Kalau sistem saluran air tidak diperhatikan maka akan banyak genangan air akibat tumpukan sampah yang meningkat.Dan tumpukan sampah ini akan memicu terjadinya banjir dan sebagai sarana penyebaran penyakit, terutama hal ini dekat lingkungan penduduk yang cukup padat.

Menyikapi permasalahan banjir ini maka Kades Kaibon,Kec.Geger Kab.Madiun Sinto dalam pembangunan yang menggunakan anggaran dari BKK 2020 memfokuskan pembangunan pada sektor drainase yang bertujuan untuk mengurangi dampak banjir ketika menjelang musim penghujan tiba.

“Untuk pembangunan infrastruktur saat ini difokuskan untuk pembangunan drainase guna memperlancar arus sirkulasi air biar tidak mengakibatkan banjir di area tertentu.

Dan untuk pembangunan drainase ini ditangani langsung oleh Timlak/ TPK yang bertugas melaksanakan pembangunan desa bekerjasama dengan masyarakat dan tokoh lembaga desa.Karena pembangunan desa ini menjadi tanggungjawab bersama,” tegas Kades Sinto.(30/11/2020).

Secara geografis,Desa Kaibon,Kec.Geger Kab.Madiun terletak pada tempat yang strategis dipinggir jalan poros Madiun – Ponorogo dan berpenduduk padat lingkungannya. Hal ini merupakan aset yang cukup berharga untuk dikembangkan wilayahnya sebagai pengembangan sektor agribisnis nya,demi mengangkat dan meningkatkan nilai kesejahteraan masyarakat desa.

Menurut Kades Sinto bahwa pembangunan desanya akan dilaksanakan secara bertahap dan disesuaikan kebutuhan dan ketersediaan anggaran dari pemerintah baik daerah maupun pusat.”Kami berterimakasih kepada pemerintah atas dikucurkan anggaran program pembangunan desa,semoga desa ini semakin maju dan berkembang kedepannya,” terang Kades Sinto.(Warti).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here