UPVC Diharapkan Mampu Menjawab Kebutuhan Rumah

0
39
Menristek/Kepala BRIN Prof Bambang PS Brodjonegoro (kanan) menerima cindera mata dari Dirut PT Terryham Proplas Indonesia Syamsunar usai menandatangani prasasti pembangunan Taman Riset dan Inovasi Kends UPVC.

SEMARANG. www.panjinasional.net – Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional Prof Bambang PS Brodjonegoro menjelaskan pengembangan riset bisa menghasilkan inovasi tepat guna yang di dalamnya mengandung berbagai instrumen seperti harga terjangkau tidak mahal, penggarapannya tidak sulit karena tersedia pelatihan dan memiliki bahan baku dalam negeri yang cukup. 

“Inovasi tepat guna juga harus memiliki kualitas yang bagus sehingga diminati masyarakat pengguna,” jelas Prof Bambang PS Brodjonegoro  kepada wartawan ketika berkunjung di PT Terryham Proplas Indonesia, produsen Kends UPVC, Kamis (26/11/2020).

Menurutnya, salah satu inovasi tepat guna itu adalah ketersediaan kebutuhan rumah. Indonesia yang terletak diantara Asia –  Australia dan terdiri dari pulau-pulau yang dikelilingi lautan serta memiliki ratusan gunung, memang rentan terhadap banjir dan gempa. Disitulah peran serta inovasi tepat guna dibutuhkan. 

“Ke depan UPVC sangat dibutuhkan guna menjawab permasalahan itu. Apalagi sudah ada tim riset yang menghasilkan rumah ramah gempa berbahan UPVC,” jelasnya.

Jika terjadi gempa, lanjutnya , pemerintah melalui lembaga terkait sudah tidak usah kebingungan lagi mengatasi  soal tempat tinggal. Begitu ada kejadian, rumah ramah gempa langsung didirikan dan tinggal memindah jika kondisi sudah terkendali. 

“Otomatis itu akan meningkatkan harkat dan martabat mereka para korban. Mereka bisa merasakan dalam waktu yang tidak lama, sebuah tempat tinggal baru berbahan upvc. Jadi, rasa terpuruknya itu tidak berlama-lama,” jelasnya. (Mim).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here