Instruksi Mendagri No. 6 tahun 2020 Tuai Protes dari Para Pakar dan Netizen

0
47

Surabaya – Panjinasional.net – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menerbitkan Instruksi Mendagri No. 6 tahun 2020 tentang Penegakan Protokol Kesehatan yang menyebutkan Kepala Daerah bisa di copot karena langgar Prokes, membuat para pakar hukum tata negara dan netizen ramai komentari.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Hamdan Zoelva merespon InsMen tersebut lewat akun twitter nya @hamdanzoelva dengan menyatakan: “Mendagri tidak bisa memberhentikan kepala daerah. Pemberhentian harus melalui proses panjang di DPRD dan diputuskan oleh Mahkamah Agung”

Menurut UU Pemerintahan Daerah seorang kepala daerah dapat diberhentikan dengan alasan tertentu yang diawali oleh Pansus angket atau hak interpelasi dprd, disetujui paripurna dprd dan dimohonkan ke MA. Mahkamah Agung lah yg memutuskan pemberhentian kepala daerah, ungkap Hamdan Zoelva.

Reaksi yang sama juga di berikan oleh Pakar Hukum Tata Negara Yusril Ihza Mahendra yang menyatakan :

“Yang perlu dijelaskan adalah apakah instruksi Mendagri Nomor 6 Tahun 2020 itu dapat dijadikan dasar untuk memberhentikan kepala daerah yang tidak melaksanakan seluruh peraturan perundang-undangan terkait dengan penegakan protokol kesehatan dalam menghadapi pandemi COVID-19? Jawabannya, tentu saja tidak,” kata Yusril melalui keterangan tertulis, Kamis, 19 November 2020.

Menurut Yusril, instruksi presiden, instruksi menteri dan sejenisnya, pada hakikatnya hanya perintah tertulis dari atasan kepada jajaran yang berada di bawahnya untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu.

InsMendagri ini dibuat setelah ramai nya kejadian pelaksanaan akad nikah anak HRS dan Peringatan Maulid Nabi oleh FPI di petamburan yang berujung di panggilnya Gubernur DKI Aniea Baswedan dan juga Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil oleh Bareskrim Polri untuk diminta klarifikasi tentang acara yabg di gelar HRS di Jakaray dan Mega mendung Bogor.

Begitu banyak respon Netizen yang berkomentar tentang InsMen ini membuat tagar #mendagri menjadi Trwnding Topik di twitter siang ini 20/11/20. **Tim**

Tangkapan Layar Trending Topik Twitter

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here