Potensi Belum Disentuh, Jambu Kristal & Kelengkeng Wates Kota Semarang

0
133
Peserta Rakor ke 33 LPMK Koordinator Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang. Inzet: Kebun Jambu Kristal & Kelengkeng Wates.

SEMARANG. www.panjinasional.net – Lurah Wates Yulita beserta seluruh unsur pengurus LPMK Koordinator Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang berharap agar hasil Kebun Jambu Kristal dan Kelengkeng yang berlokasi di RT 05 RW 02 bisa menasional seperti beberapa kebun buah di Malang, Jawa Timur. 

“Untuk menggapai tujuan tersebut, kami sudah menjadikan Jambu Kristal & Kelengkeng, sebagai produk unggulan dalam Kampung Tematik yang diprogramkan Pemkot Semarang,” kata Lurah Wates Yulita, didampingi Ketua LPMK Karyadi, di sela Rakor LMPK Koordinator Kecamatan Ngaliyan, Semarang di Joglo Kebun Jambu Kristal & Kelengkeng, Sabtu (7/11/2020). 

Pihaknya menyadari, untuk menasional, memang tidak mudah karena diperlukan sarana dan prasarana termasuk infrastruktur yang memadai. Namun pihaknya tetap optimis bahkan dengan memasukkan Jambu Kristal & Kelengkeng sebagai produk unggulan masyarakat Kota Semarang.

Dan ketika masuk menjadi Kampung Tematik, secara otomatis sudah masuk dalam database produk unggulan Kota Semarang, juga masuk sebagai salah satu paket wisata terpadu Kota Semarang. Jadi, ketika ada wistawan domestik maupun manca, yang ingin mendapatkan jenis buah tersebut, tinggal mengklik Jambu Kristal & Kelengkeng, maka akan muncul lokasi Kelurahan Wates.

Kebun yang berdiri diatas lahan 5 ha itu adalah milik Dinas Pertanian Kota Semarang. Namun, jelas Yulita, penggarapannya diserahkan kepada 25 warga petani sekitar lokasi dengan prosentase hingga 70 persen dari keseluruhan hasil kebun. Selebihnya menjadi hak Dinas Pertanian Kota Semarang.

Hingga saat ini, lanjutnya, hasil kebun tersebut baru bisa dimanfaatkan secara manual oleh para pembeli lokal untuk kemudian dijual kepada masyarakat. Dan masih jarang pengunjung dengan tujuan wisata datang membeli buah dengan petik langsung.  

Karena itu, kami beserta masyarakat berharap, ke depannya pola paket wisata Kota Semarang itu bisa diterapkan secara maksimal sehingga hasil kebun Jambu Kristal & Kelengkeng Wates bisa booming menasional. Apalagi di bidang rasa, Jambu dan Kelengkengnya tak kalah rasanya dibanding buah sejenis dari daerah lain. 

Di samping dirawat oleh tenaga terdidik dalam pengawasan langsung Dinas Pertanian Kota Semarang, lokasinya yang berada di dataran tinggi dengan nuansa alam bebas jauh dari bangunan gedung maupun perumahan, menjadikan kebun Jambu Kristal & Kelengkeng Wates, mampu menghasilkan buah lebih alami dan segar.(Mim).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

15 + eight =