Pemkab Sumenep, Gelar Umpan Balik Talent Pool Penilaian Pejabat Administrator

0
63

Sumenep, www.panjinasional.net Pemerintah Kabupaten daerah (Pemda) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa timur, melalui Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Sumenep. Bekerja sama dengan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jawa timur, beberapa waktu yang telah menyelenggarakan assessment kompetensi bagi Pejabat Administrator.


Kegiatan diselenggarakan di gedung assessment center Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jawa timur tersebut di ikuti 75 orang peserta, yang mana dalam pelaksanaannya dilakukan secara bertahap.


Selanjutnya, dari hasil kegiatan tersebut Pada hari Kamis kemarin 22 Oktober 2020 bertempat di Gedung Aria Wiraraja Lantai 2 (dua) Kantor Pemerintah Kabupaten Sumenep telah dilaksanaan pelaksanaan umpan balik Talent Pool penilaian kompetensi Pejabat Administrator Tahun 2020 di Lingkungan Pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Sumenep.


Dalam sambutannya Bupati Sumenep Dr. KH. A. Busyro Karim, M. Si, menyambut baik program dan Kegiatan Badan Kepegawian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Sumenep yang telah berupaya melakukan banyak hal untuk peningkatan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat.


“Saya minta seluruh ASN untuk merubah mind site (paradigma/pola pikir) ASN untuk mewujudkan ASN yang berkualitas dunia,” pinta Bupati Sumenep, Kamis kemarin (22/10)


Disamping itu lanjut Bupati dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2018 Tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) perlu dilakukan manajemen ASN yang mengakselerasikan antara Kompetensi dan Kinerja ASN

“Dan tentunya kegiatan ini merupakan upaya pemerintah Kabupaten Sumenep untuk menerapkan sistem merit,” tandasnya.

Hal tersebut diatas juga ditegaskan kembali oleh Asisten Komisioner KASN Jakarta dan Juga Kabid Pengembangan Aparatur Badan Kepegawian Negara Daerah (BKD) Provinsi Jawa timur. Tentang tindak lanjut hasil Talent Pool di Kabupaten Sumenep serta arahan dalam pelaksanaan sistem merit.


Sementara itu dikesempatan yang sama Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Abd, Majid, S. Sos, M. Si, menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ini untuk memastikan penerapan sistem merit di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumenep.


Selain itu, Sambung Majid, juga untuk memberikan Informasi Penilaian Kompetensi dan Kinerja yang dimiliki oleh setiap ASN yang telah mengikuti penilaian assessment pada tahun 2019. Dan memetakan Kompetensi dan Potensi ASN ke dalam Talent Box, 

“Sebagai bahan untuk pengembangan Kompetensi ASN bagi Assesi, untuk memperoleh Kader Potensial yang nantinya akan menduduki Jabatan yang telah disesuaikan,” kata Abd. Majid, S. Sos, M. Si.


Ia juga mengambarkan pelaksanaan penilian kompetensi sebanyak 75 peserta yang telah melaksanakan kegaitan penilaian kompetensi yang bekerjasama dengan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jawa timur. Pada tanggal 14, 15, 21, 22, September dan tanggal 02 Oktober 2020.

“Selanjutnya peserta yang telah mengikuti penilaian kompetensi dilakukan penilaian Performance Apprasaisal untuk melihat penilaian kinerjanya,” tukasnya.

Sedangkan dari hasil kedua kegiatan tersebut diatas urai Majid, dibuatkan Talent Box untuk 75 Peserta yang telah mengikuti penilaian Kompetensi Tahun 2020 dan 38 Peserta yang telah mengikuti penilaian kompetensi tahun 2019.


“Setelah kegiatan ini akan dilaksanakan umpan balik dari Assesor kepada para asesi sebagai bahan masukan peningkatan kompetensi dan kinerja ASN kedepan,” urainya.


Sekedar diketahui sebagai Narasumber pada kegiatan tersebut diantaranya adalah: Bupati Sumenep, Asisten Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Jakarta, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jawa timur, dan Assesor dari BKD Jawa timur.


Pada kesempatan itu juga diserahkan secara Simbolis hasil Talent Box dari Kepala Bidang Pengembangan Aparatur BKD Provinsi Jawa timur kepada Bupati Sumenep, Dr. KH. A. Busyro Karim, M. Si.@qib)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here