SMPIT Insan Kamil Terapkan Budikdamber Bagi Seluruh Siswa Untuk Ketahanan Pangan

0
119

Sidoarjo. www.panjinasional.net – Ribuan bibit ikan lele diberikan kepada seluruh siswa kelas 7, 8, dan 9 SMPIT Insan Kamil Sidoarjo sebagai projeck BUDIKDAMBER atau yang lebih dikenal dg budidaya Ikan dalam ember untuk ketahanan pangan dalam masa pandemi saat ini.

Aniqotul Uhbah selaku Kepala Sekolah SMPIT Insan Kamil Sidoarjo mengatakan” bahwa dalam kondisi Pandemi seperti ini diperlukan banyak inovasi agar siswa mampu tetap produktif walaupun belajar di rumah”.

“Tidak hanya memelihara ikan, dalam BUDIKDAMBER ini bisa dimanfaatkan dg menanam sayuran dg memanfaatkan kotoran dari ikan lele, jadi kalau berhasil sampai panen anak-anak bisa panen ikan lele dan sayuran, ” lanjut Aniqotul.

Dalam proses pengawalan kepada siswa, para Guru juga dibekali dengan keilmuan tentang BUDIKDAMBER dengan menghadirkan narasumber sekaligus praktisi Budikdamber dari Sumenep yang telah berhasil dan menjadi percontohan di sana. Setelah itu langsung praktek sebelum disosialisasikan kepada siswa.

Imam Syaroni selaku Guru yg mengikuti pembinaan mengatakan bahwa dengan bekal ilmu ini kami para Guru berharap mampu mengawal proses yg dilakukan siswa dan memberikan solusi terkait kendala yg dihadapi dilapangan.

Para siswa dan wali murid nampak sangat antusias dengan program ini, nampak dari dokumentasi yg dilaporkan, para orang tua dan siswa tampak berkolaborasi dalam merakit tempat yg digunakan budidaya dan semai bibit yg akan ditanam.

“Saya sangat senang dengan program ini, karena akhirnya kami bisa belajar budidaya ikan sekaligus tanam sayuran”, ungkap salah satu wali murid.

Semoga kegiatan BUDIKDAMBER ini mampu memberikan pembelajaran bagi kita semua khususnya dalam menguatkan ketahanan pangan keluarga.** Imam Syahroni /Afd

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

20 + fifteen =