Raker DPC Abpednas Gresik, Pengurus Galakkan Pembangunan Didesa dan Angkat Kesejahteraan Perangkat Desa

0
123

Gresik www.panjinasional.net – Puluhan pengurus DPC Assosiasi Badan Permusyawaratan Desa Nasional (ABPEDNAS) Kabupaten Gresik gelar rapat kerja (Raker) pertama di salah satu retoran Jalan Raya Gresik, Banjarsari, Cerme, Gresik. Minggu (18/10/2020).

Pada raker perdananaya ABPEDNAS membawa tema ‘Meningkatkan Harkat dan Martabat BPD Menuju Desa Sejahtera’. 

Ketua DPC ABPEDNAS Kabupaten Gresik HR Hendry mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan program kerja jangkah pendek, menengah, dan jangkah panjang.

“Untuk program jangka pendeknya, wewenang dan fungsi pengurus akan digalakkan di Desa untuk bersinergi dengan pemerintahan desa (Pemdes),” ungkapnya saat menyampaikan Raker dihadapan puluhan anggotanya. 

Dikatakan Hendry, ada 53 pengurus yang sudah terbagi tugas dan fungsinya dengan motto ‘Menata Kota Membangun Desa untuk Kota Santri Tercinta. 

“53 itu rinciannya, 7 orang pengurus harian, ada 28 pengurus bidang, dan 18 Korcam. Kami juga menerima apresiasi dari pusat yang kegiatan raker ini bersamaan zoom meeting bersama Nasional,” jelasnya.

Kedepan, Hendry berharap ABPEDNAS Kabupaten Gresik menjadi organisasi terencana, terukur dan terstruktur.

“Kami juga telah membuat program membangun desa dengan merekomendasikan kepada pemerintah Kabupaten Gresik untuk pengusaha lokal bisa berkontribusi pembangunan desa. Sebagaimana yang ada di Premendes No 13 tahun 2020. Regulasi mengangkat pengusaha desa untuk membangkitkan potensi di Desanya,” paparnya.

Sekjen ABPEDNAS Kabupaten Gresik Moch Subhan menambahkan, ada tiga komisi yang sudah disiapkan hasil raker pertama ini. Diantaranya, komisi satu berkaitan penyusunan program kerja, komisi dua penyusunan garis besar organisasi dan komisi tiga  rekomendasi penyusun pedoman administrasi.

“Semoga ABPEDNAS ini menjadi organisasi yang terencana, dan bisa memberikan rekomendasi program pemerintahan daerah,” imbuhnya.

Sementara itu, Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Gresik Malahatul Fardah mengapresiasi terlaksananya raker pertama oleh ABPEDNAS Kabupaten Gresik.

“Raker ini merupakan tindak lanjut dari pelantikan di Gedung DPRD Gresik tanggal 29 Agustus lalu. Luar biasa, di Jatim ada 14 ABPEDNAS dari beberapa Kabupaten. Gresik menempati posisi ke dua setelah Kabupaten Kediri,” sambungnya.

Warda panggilan akrabnya, berharap nanti ABPEDNAS bisa selaras dengan Pemdes.

“Mulai pembangunan tata kelolah yang efektif,  dan akuntabel, serta bisa dipertanggungjawabkan,” pungkas dia.

Diketahui, Raker juga dihadiri oleh Ketua Umum DPD ABPEDNAS Provinsi Jatim Agus Budi S, Sekjen DPD ABPEDNAS Jatim Dwi Rahayu Ningsi, Bidang SDM dan Litbang DPD ABPEDNAS Jatim Utomo. (Yit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here