Kantor Pertanahan Gresik Tetap berprestasi Ditengah Pademi Covid-19

0
43

Panjinasional Gresik – Pademik covid19 yang melanda dunia ini memang salah satu wabah yang sangat menakutkan,semua elemen masyarakat tanpa terkecuali merasakan dampaknya..

Semua instansi pemerintah baik di tingkat provinsi maupun kabupaten mencari cara untuk mengurangi penyebaran virus tersebut,karena di beberapa instansi pemerintah ada pegawainya yang terpapar juga

Tak terkecuali di kantor pertanahan kabupaten Gresik,ada 2 orang pegawainya yang reaktif covid 19..namun dari informasi yang dihimpun oleh panjinasional, kedua nya sudah dinyatakan sembuh namun masih tetap harus isolasi mandiri dirumah masing-masing.

“Pelayanan tetap berjalan dengan baik, karena yang sakit tersebut masing-masing mempunyai pengganti” ujar Muslim, S.SIT. Kepala Seksi Hubungan Hukum Pertanahan saat dikonfirmasi diruang kerjanya Selasa 14/10/2020.

“Inovasi selama covid 19 ada layanan  secara online ada elektronik juga..sudah banyak sekali yang mendapat kan kenyamanan program tersebut, sekarang ada juga program S3 (Sertifikat Sehari Selesai) Untuk S3 itu sendiri ada 11,roya (penghapusan hak tanggungan), peralihan hak seperti waris ,hibah,jual beli dan lain-lain, item diantaranya 50 % untuk new normal itu jadi kalo ada pemohon 100 orang yang bisa proses hanya 50 orang”tambahnya lagi

Ditengah pademik covid19 ini  kantor pertanahan tetap melayani masyarakat dengan baik, terbukti adanya inovasi-inovasi yang suadh dilakukan selama ini,malah beberapa waktu lalu Presiden Joko Widodo memberikan piagam penghargaan dan medali emas kepada beberapa pegawai kantor pertanahan kabupaten Gresik,

Salah satu nya adalah  Muslim, S.SIT. Kepala Seksi Hubungan Hukum Pertanahan ” Alhamdulillah ini saya dapat penghargaan dari Presiden pak Jokowi,piagam penghargaan Satyalancana karya Satya dan medali emas karena saya sudah 20 tahun mengabdi sebagai pegawai negeri sipil ( PNS ) di kantor pertanahan” ujar nya dengan nada bangga.

“Kriterianya antara lain kedisiplinan,kerajinan  dan kesetiaan dan kain sebagainya,makanya ini menambah semangat kerja kita juga,apalagi sekarang ini juga kita ada program latar sehat (Layanan antar sertipikat hak atas tanah ) ,tujuannya ini agar kita bisa mengantarkan sertifikat langsung kepada pemohon, jika melebihi dari spop S3 (sertifikat sehari selesai),karena S3 sendiri di bagi menjadi 3 cluster pagi jam 8 s/d jam 12 harus selesai,siang jam 12 s/d jam 3 harus selesai nah dari jam 3 itu baru besok nya bisa selesai,karena itu kita harus mengantar kan sendiri ke pemohon ” jelasnya lagi panjang lebar saat ditanya tentang program kantor pertanahan kabupaten Gresik.

Pihaknya juga minta tolong kepada PPAT untuk menggunakan sentuh tanahku, juga untuk masyarakat lainnya untuk ploting dan lain-lain namun ini yang belum disosialisasikan kepada masyarakat luas.

Dilihat prestasi yang didapatkan oleh kantor pertanahan kabupaten Gresik tidak luput dari campur tangannya Pegawai Pemerintahan Non Pegawai Negeri (PPNPN), hampir semuan PPNPN yang ada di kantor tersebut sering lembur sampai tengah malam,apalagi pada saat pengerjaan proyek PTSL..

Kalau pegawai negeri sipil mendapatkan penghargaan dari presiden RI maka PPNPN juga mendapat kan apresiasi.

” Kalau dari kantor ada reward setiap bulan dan setiap 3 bulan sekali kita memilih PPNPN yang berprestasi bagus,kita kasih piagam dan kita juga kasih sedikit bonus” jawab kasi H2P  saat ditanya sebelumnya ada  beberapa PPNPN yang mendapat piagam penghargaan sebagai PPNP terbaik selama 6 bulan salah satunya adalah Haidar Dwi Pratama.

“saya sudah empat tahun bekerja disini  ( kantor pertanahan kabupaten Gresik ), kriteria nya ya harus rajin, disiplin juga full membantu kantor,sering lembur juga sampe malam,apalagi kalau ada program PTSL ya mbak..tapi Alhamdulillah kerja saya tidak sia-sia saya mendapatkan penghargaan dan bonus dari kantor” ujar Haidar terlihat sumringah.@Er.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here