Begini Terjadinya Pengurangan Jumlah Bantuan Sosial Tunai

0
105

Sampang Panjinasional,net – Keluarga miskin terdampak Covid-19 yang mendapatkan Bantuan Dari Kementerian Sosial RI, pada tahap VI yang kini terdampak pengurangan dan  tidak dapat menerima bantuan BST lagi Pasalnya bantuan tersebut adanya pengurangan terjadi karena ketentuan dari pusat.rabu 30/9/20.

Hasil investigasi di lapangan, berdasarkan laporan temuan di desa Sreseh kecamatan Sreseh pada penyaluran BST tahap ke -VI sudah ada pengurangan jumlah Penerima bantuan.

Adanya pengurangan Bantuan itu di sampaikan oleh perangkat desa saat penyaluran bantuan 
BST jumlah penerima bantuan tahap 1 – 5 = 279 KPM, sedangkan tahap VI menjadi = 249 keluarga penerima manfaat.

Dengan adanya pengurangan Bantuan BST tiap desa, menjadi polimik bagi penerima bantuan dengan pemerintahan desa sehingga ada kecemburuan sosial masyarakat terhadap desa.

Untuk memastikan pengurangan BST pada tahap VI, awak media mengkofirmasi Dinas sosial kabupaten sampang melalui kepala bidang (Kabid) pemberdayaan sosial dan fakir miskin, M.Nasrul di ruangannya menyampaikan ada tiga  komponin yang menjadi pengurangan Bantuan sosial tunai.
– Berkurangnya jumlah BST karna penerima bantuan tidak mengambil bantuan yang di salurkan di tiap pos atau balai desa (data gagal salur).
– Ditemukan data  doble counting dengan bantuan lain baik PKH, BPNT. 
– Kemudian data kependudukan  tidak falit yang dipadukan dengan dispenduk capil juga terhapus 

Lanjut M.Nasrul, Jumlah pengurangan itu meliputi 14 kecamatan di kabupaten Sampang diperkirakan ada 2.200 keluarga penerima BST yang terhapus.

Disinggung terkait BST yang terjadi pengurangan apakah bisa kembali, dirinya menjelaskan Kita menunggu surat lebih lanjut dari kementerian terhadap orang yang ternyata sangat layak, tapi karena kesalahan seperti itu, masih bisa atau tidak mendapatkan kembali bantuan itu, kita menunggu petunjuk dari kementerian .ungkapnya (sani/mal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here