Generasi Z Mengubah Dunia Bisnis

0
86
Generasi Z Mengubah Dunia Bisnis

Surabaya. www.panjinasional.net “Generasi Z Mengubah Dunia Bisnis” Sebuah acara webinar Pada hari Jumat, 25 September 2020, oleh Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IEU Surabaya yang diadakan dengan tema “How Generation Z Will Change the Business World?” yaitu Bagaimana Generasi Z akan Mengubah Dunia Bisnis. Pembicara dalam Webinar ini adalah IEU Board Chairman, Dr. Patrick Khor.

Sebelum acara dimulai ada pengantar singkat dari Edward Angstrong, PhD kepada para peserta webinar. Webinar ini secara resmi dibuka oleh Rektor STIE IEU Surabaya, Dr. Oscarius Yudhi Ari Wijaya, MH., MM., CLI. Peserta dalam webinar ini adalah Para dosen, staff dan juga mahasiswa sarjana dan Pascasarjana STIE IEU Surabaya. 

Dalam sambutan pembukanya, Rektor STIE IEU Surabaya, Dr. Oscarius Yudhi Ari  Wijaya, MH., MM., CLI mengatakan bahwa sekarang generasi muda secara khusus Generasi Z sedang menghadapi tantangan dalam membangun dunia bisnis. Salah satu tantangannya adalah Bagaimana Generasi Z mengubah bisnis ke dalam paltform digital. 

Hal itu bisa mudah dan juga bisa susah. Bagi mereka yang memiliki fasilitas pendukung yang memadai, itu mudah. Sebaliknya, bagi mereka yang memiliki tidak cukup fasilitas pendukung, maka itu sulit. Dia juga mengatakan bahwa banyak generasi Z sekarang sudah menggunakan platform digital, seperti aplikasi Tik-Tok, Facebook, Instagram, dan Twitter. Mereka cukup familiar dengan aplikasi-aplikasi ini. Namun, kebanyakan dari para generasi Z belum mampu memanfaatkan aplikasi – aplikasi tersebut untuk kepentingan bisnis. 

Semestinya, dengan kemahiran mereka dalam menggunakan dan menguasai aplikasi tersebut, mereka sudah bisa dan mampu membangun bisnis lewat platform digital tersebut. Mereka bisa mengubah bisnis mereka yang awalnya manual ke dalam bentuk online atau digital market. Ini adalah peluang yang sangat bagus buat mereka. Dan ini artinya mereka didorong untuk bisa kreatif. 

Pada kesempatan yang sama, IEU Board Chairman, Dr. Patrick Khor dalam presentasinya juga menyampaikan tentang tema ini yaitu Bagaimana Generasi Z akan Mengubah Dunia Bisnis. Ia mengatakan bahwa tema ini sangat penting untuk didiskusikan secara khusus buat generasi muda, dalam hal ini generasi Z. Mengapa penting? Karena saat ini dunia sedang menghadapi krisis. Dia juga mengatakan dunia sedang mengalami krisis dan ketidakpastian/ketidaktentuan. 

Dunia sedang mengalami resesi global sejak 2019-2020. Dan bisa saja itu masih akan terjadi pada tahun – tahun akan datang. Banyak bisnis di dunia bangkrut akibat Pandemi Covid-19. Hal ini tak bisa dihindarkan. 

Dunia kebingungan mengatasi krisis ini. Krisis ini bisa saja datang dari Asia, Timur, dan Barat. Namun, dalam situasi yang sulit ini, ada peluang. Dia menamakannya Peluang Emas. Peluang Emas ini harus dimanfaatkan oleh para generasi Z dengan baik. Para generasi Z harus menggunakan peluang emas ini secara bijak. 

Dia juga mengatakan bahwa Digital-Connected Generasi Z adalah keterbukaan, kebebasan, kolaborasi, inovasi, kegembiraan, dan integritas. Jadi, mahasiswa IEU harus menghadirkan ide-ide kreatif mereka supaya mampu menciptakan sesuatu. Sesuatu yang berguna bagi dirinya, masa depannya, dan orang lain. Sebelum mengakhiri presentasinya, Dr. Patrick Khor mengatakan IEU ingin membangun generasi-generasi muda Indonesia.*@charles poma.        

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here