Hantaru Ke 60 BPN Gresik dengan Tema Trijuang

0
103

Panjinasional Gresik, Kamis 24 September 2020, terlihat kantor pertanahan Kabupaten Gresik sangat tertata rapi,ada beberapa karangan bunga di halaman  kantor dengan ucapan selamat hari Agraria dan Tata Ruang Nasional yang ke 60,  dari berbagai instansi salah satunya dari ikatan PPAT Gresik,juga dari Bupati Gresik..

Kali ini Hantaru dirayakan dengan sederhana saja..namun dihadiri oleh para pejabat di Kabupaten Gresik,Acara yang bertema ” Persiapan Trijuang dalam rangka menyukseskan program strategis nasional dibidang pertanahan” dihadiri oleh ketua DPRD ,Dandim, Wakapolres,Kasi Intel Kajari,ketua umum MUI,IPPAT kabupaten Gresik,2 camat dan 47 kepala desa..tentu saja dihadiri pula oleh Kakanwil Jawa Timur Ir.H.Jonahar M.

Kepala kantor pertanahan kabupaten Gresik Dr.Asep Heri sangat berterima kasih atas kehadiran Kakanwil Jawa timur, Bupati Gresik karena perhatian yang sangat besar terhadap Trijuang.

“saya sangat berharap dengan Trijuang ini seluruh bidang tanah baik daratan maupun di kepulauan Kabupaten Gresik akan bisa terdata dan terinventarisir,saya juga sangat berterima kasih atas bimbingan bapak kakanwil dan perhatian luar biasa dari bapak bupati beserta jajarannya” ujar Asep Heri SH.MH  sebagai kepala kantor yang selalu ramah ini..

Namun sebelum mengahadiri acara di kantor pertanahan Gresik Kakanwil juga berkunjung ke Kejaksaan Tinggi Jawa Timur dilanjut dengan mengikuti perayaan Hantaru 2020, Bapak Kakanwil Jawa Timur  Ir. H. Jonahar, M. Ec.Dev di dampingi Kabag TU dan Kabid IP mengunjungi Kantor Pertanahan Kab. Gresik.  Bapak Kakanwil dan rombongan disambut oleh Bapak Bupati Kab. Gresik Dr. Ir. H. Sambari Halim Radianto, ST, M.Si beserta Forkopimda Kab. Gresik di Kantor Pertanahan Kab. Gresik.

Kakanwil disambut dengan hangat oleh Bapak Bupati dan Forkopimda,Beliau senang karena  Kakanwil berkenan untuk berkunjung di Kabupaten Gresik, sehingga Beliau secara langsung dapat menyampaikan usulan-usulan terkait pertanahan di Kab. Gresik.

Setelah acara ramah tamah dengan Forkopimda, Kepala Kantor Pertanahan Kab. Gresik Dr. Asep Heri, S.H, M,H meminta ijin Bapak Kakanwil dan Bapak Bupati untuk meresmikan ruang media dan membuat podcast perdana di media sosial Kantah Kab. Gresik.

Pada kesempatan tersebut Kakanwil juga menyampaikan gagasan tentang Trijuang,yang secara garis besar Trijuang terdiri dari tiga unsur yaitu :

1,Camat..karena setip desa memiliki pengampunya ( camat / pemerintah desa)

2, Pemerintah kabupaten.

3 BPN ( Kantor Pertanahan ) setempat.

“Jadi dari ketiga unsur tersebut masing-masing mengirim 1 orang ,untuk membantu program pemerintah mengenai PTSL ,dengan adanya Trijuang tersebut diharapkan seluruh tanah di Jawa timur ini akan terdaftar sehingga pertanahan di Jawa timur akan berbasis bidang kelurahan dan desa juga dengan adanya Trijuang maka perjuangan yang telah dilaksanakan dalam pendau tanah akan terpetakan lebih baik,jadi jika ada yang lempar batu pun akan tahu jatuh di tanah siapa” ujar kakanwil menjelaskan panjang lebar..

Lebih lanjut kakanwil juga menambahkan bahwa pada tahun 2021 target SHAT akan lebih besar dari pengukuran jadi kalau ada bantuan dari ketidmga unsur tersebut maka proses akan mencapai desa lengkap akan lebih cepat terlaksana.

Ternyata gayung bersambut karena Bupati Gresik pun sangat setuju dengan Gagasan yang hebat itu, “Peran Pemda untuk menyukseskan Trijuang yaitu akan membantu dengan seluruh jiwa raga,harga mati ini..karena dengan Trijuang kerjasama antara pemerintah daerah, pemerintah desa dan BPN dengan tujuan untuk kebaikan ini akan segera tercapai dan pasti Pemda Gresik akan mendukung Trijuang ” ujar Bupati yang sudah menjabat 2 periode ini dengan semangat seperti biasanya..

Guna menyukseskan Trijuang Bupati Gresik akan mengerahkan 2 kecamatan,47 Desa, bidang tanah sebanyak 50.000 bidang dan pihak desa akan menyediakan rumah sebagai bascame,Dinas pertanahan Pemda pun akan ikut membiayai demi suksesnya Trijuang,dan terakhir Bupati Gresik juga berpesan modal utama meraih keberhasilan adalah kebersamaan**Ern

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here