WOW, ADA RUMAH ADAT HONAI DI WISATA SETIGI

0
167
Rumah Adat Papua
Rumah Adat Papua "Honai" yang ada di salah satu sudut wisata setigi

Penulis : Nadiyah Malya Khansa

(Siswi SMAN 1 Sidayu Peserta Pelatihan Jurnalistik Pelajar)

GRESIK, www.panjinasional.net – Wisata Setigi (Selo, Tirto, Giri) merupakan objek wisata yang terkenal di Jawa Timur yang berada di Desa Sekapuk, Kecamatan Ujungpangkah, Gresik. Terletak 27 kilometer dari exit Tol Manyar dan dapat ditempuh dengan kendaraan roda empat selama 40 menit.

Obyek wisata Setigi, yang terdiri atas Selo berarti batu, Tirto berarti air, dan Giri memiliki arti bukit. Wisata Setigi memiliki konsep  out of the box alias tidak umum. Karena kawasan Wisata Setigi dulunya merupakan bekas area tambang batu kapur.

Namun sejak 2003 sampai 2017 tambang tersebut tidak lagi digunakan dan berubah fungsi sebagai tempat pembuangan sampah. Lalu pada tahun 2018 tempat tersebut mulai dibersihkan dan dibangun menjadi tempat wisata.

Wisata Setigi menyuguhkan pemandangan yang indah dan tersedia spot-spot foto unik yang bisa dijadikan latar untuk swafoto. Salah satu spot foto yang menarik adalah Rumah Adat Honai. Rumah Adat Honai sendiri adalah rumah adat masyarakat papua yang tinggal di daerah penggunungan.

 “Untuk rencana kedepannya, tujuan dari didirikannya Rumah Adat Honai adalah untuk dimanfaatkan sebagai penginapan bagi wisatawan yang berasal dari luar kota maupun mancanegara.” Ujar Kepala Desa Sekapuk Abdul Halim. (12/9/2020)

Rumah Adat Honai ini berada di wilayah Danau. Dan untuk menuju Rumah Adat Hanoi sendiri, kita harus melewati sebuah jembatan. Jembatan tersebut memiliki nama yaitu Jembatan Peradaban yang menghubungkan Rumah Apung dan spot wahana air yang berada di bawah jembatan dengan Rumah Adat Honai.

Tidak hanya itu, masih banyak spot foto yang menarik diantaranya ada spot patung gupala, Nogo Giri Pancoran, Tangga Derajat, Ada Patung Ki Semar yang mengarahkan telunjuknya mengarah ke Monumen Setigi, ada Goa Pancawarna dengan pitutur bijaknya, Patung Gopala dan Duarapala, Gerbang Ghoib, Candi Topeng Nusantara, Dan Pasar Kuliner yang menyediakan berbagai macam makanan dan minuman untuk para pengunjung.

Dan yang masih dalam proses pekerjaan adalah kolam renang Banyu gentong dan Kolam renang Hijaber khusus untuk para kaum Hawa. Dimana kolam renang Hijaber ini berada didalam goa yang hawanya sangat sejuk.

Wisata Setigi ini dikelola oleh BUMDes dan hasil dari tempat wisata ini menjadi Pendapatan Asli Desa (PADes) sebagian digunakan untuk mengembangkan pembangunan di Wisata Setigi ini (Sabtu, 12 September 2020 *)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here