PESONA SURGA KECIL DI SETIGI

0
163
Salah satu sudut pemandangan di Wisaa Setigi desa Sekapuk Gresik (foto: Nailah Adibah)
Salah satu sudut pemandangan di Wisaa Setigi desa Sekapuk Gresik (foto: Nailah Adibah)

Ditulis oleh : Naila Adibah

(Siswi SMAN 1 Sidayu Gresik Peserta Pelatihan Jurnalistik Pelajar)

Gresik, www.panjinasional.net – Wisata alam Setigi merupakan destinasi wisata baru yang berada di Desa Sekapuk, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur. Dengan memanfaatkan lokasi bekas tambang kapur, wisata ini memiliki daya tarik tersendiri karena tempatnya yang di kelilingi bebatuan dan tebing tinggi.

Meski dengan harga tiket yang sangat terjangkau, hanya Rp.15.000 untuk satu orang hari senin-jumat dan Rp. 20.000,- untuk hari sabtu – minggu dan hari besar dengan bonus camilan mbok Inggih seharga Rp. 10.000 ,- sangatlah murah.

Wisata ini dilengkapi berbagai wahana dan spot foto yang menarik. Seperti danau buatan yang di atasnya terdapat jembatan sebagai penghubung antara wisata air dengan replika rumah honai. Jembatan tersebut dinamai “Jembatan Peradaban” Sementara Air di bawah jembatan berwarna hijau dengan ratusan ikan koi di dalamnya berlarian kesana – kemari.

Adapula goa yang merupakan bekas galian yang di dindingnya terdapat tulisan dengan Aksara Jawa yang terdapat makna tersendiri, replika monumen “tugu alon-alon gresik”   berwarna putih yang menjulang gagah di atas bukit, ada juga puluhan gazebo yang tersebar di berbagai sudut dan lokasi wahana sebagai tempat pengunjung beristirahat. Disediakan pula tempat kuliner dengan aneka makanan ringan dan minuman.

Tak perlu cemas jika ingin berkunjung ke wisata ini dengan rombongan bis-bis besar, karena sudah disediakan tempat parkir yang luas kurang lebih satu hektar lahan parkir yang disediakan oleh pengelola. Di sana juga terdapat tenda-tenda kecil tempat pedagang berjualan pernak-pernik aksesoris khas Setigi. Wisata ini  buka setiap hari dengan wisatawan dari berbagai daerah, dan paling ramai adalah hari libur dan sabtu minggu banyak pengunjung yang datang untuk menghabiskan waktu di akhir pekan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here