WAKIL BUPATI LUMAJANG HADIRI SEDEKAH DESA KALISEMUT DAN NGLAMPET SUMBER NAH

0
42

Lumajang, Panjinasional.net .14/9/2020 Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati menghadiri upacara Nglampet Sumber Kali Nah di Desa Kalisemut kecamatan padang Kabupaten Lumajang Jatim. Prosesi Upacara adat istiadat tersebut dalam rangka Selamatan sedekah Desa.

Nglampet Sumber merupakan peninggalan sejarah dari nenek moyang terdahulu. tradisi nglampet sumber yang di gelar masyarakat kalisemut sebagai bentuk rasa syukur kepada tuhan yme. karena sumber itu terus menerus mengairi sawah masyarakat yang ada disekitar area sumber.

Menurut bunda indah” tradisi Nglampet dapat dijadikan sebagai bentuk pelestarian sumber mata air yang ada di Kabupaten Lumajang, karena sumber air itu Adalah suatu yang dibutuhkan oleh masyarakat sebagai sumber kehidupan masyarakat dan harus bisa menjaga kelestarian sumber mata air, dengan harapan hasil pertanian di Lumajang semakin melimpah” tuturnya

“Saya sangat senang melihat Kepala Desa dan warganya yang semangat dalam melestarikan sumber mata air, karena sumber mata air itu sangat penting. Dengan begitu, maka saya harap masyarakat harus bisa menjaga kelestarian mata air yang ada di desa kali semut” ujarnya

Disamping itu, Bunda Indah mengajak Kepala Desa dan masyarakat Desa Kalisemut agar dapat membuat sumur resapan yang berguna untuk menangkap air ketika hujan turun, sehingga air hujan tersebut tidak akan terbuang percuma. Ia juga tertarik dengan lahan persawahan yang menggunakan terasiring pada kontur tanah yang miring, karena saat hujan turun maka tanah persawahan tidak akan tergerus oleh air.imbuhnya

Kepala desa kalisemut LESUS AGENG P saat
menghadiri ritual nglampet sumber nah

Sementara itu, Kepala Desa Kalisemut, Lesus Ageng Pribadi mengucapkan terimakasih kepada Wakil Bupati Lumajang yang sudah berkenan hadir dalam upacara Nglampet Sumber Kali Nah di Desa Kalisemut. Ia menjelaskan, masyarakat Desa Kalisemut mayoritas bermata pencaharian sebagai petani sehingga tradisi tersebut nantinya akan digelar setiap tahunnya.

Masih menurutnya” ada yang menjaga sumber, kalau di sini di namakan pak tuwowo atau juru kunci yang mengatur perairan sawah khususnya yang ada di persawahan ini “terang Lesus Ageng P.

Usai mengikuti upacara Nglampet Sumber Kali Nah, Bunda Indah juga menyempatkan untuk melepas burung merpati di halaman Kantor Kepala Desa Kalisemut. Pelepasan burung tersebut dijadikan sebagai tanda dimulainya acara Sedekah Desa, dan berakhir dengan pertunjukan wayang kulit pada malam harinya. (SL).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here