Bupati Bangkalan Pimpin Apel Gelar Pasukan Penegakan Hukum Ptotokol Covid-19

3
116

Bangkalan, www.panjinsional.net Bupati Bangkalan R.Abdul Latif Amin Imron, memimpin secara langsung Apel Gelar Pasukan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Covid-19. Apel  dilaksanakan di halaman Pendopo Kabupaten Bangkalan, Jl.Letnan Abdullah, kamis 10 September 2020 diikuti oleh seluruh personel Satuan Covid-19 Bangkalan, yang terdiri dari unsur Polri, TNI, Satpol PP, BPBD, Dinas Kesehatan dan para relawan. 

Pencanangan Pasukan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Covdi-19 ditandai dengan penyematan Ban lengan petugas, dan pemakaian rompi petugas oleh Bupati Bangkalan dan Forkopimda Bangkalan.

Selain Rompi Petugas, Bupati juga menyerahkan Rompi khusus para pelanggar, yang nantinya akan digunakan oleh para pelanggar protokol kesehatan ketika mereka melaksanakan sanksi berupa membersihkan fasilitas umum.

Dalam sambutannya Bupati Bangkalan mengatakan bahwa Apel gelar pasukan tersebut merupakan respon Pemerintah Kabupaten Bangkalan bersama Satgas penanganan Covid-19 Bangkalan terhadap Inpres nomor 6 tahun 2020 tentang peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian corona virus disease 2019 yang bertujuan untuk lebih mendisiplinkan masyarakat dalam mengikuti protokol kesehatan. 

Dalam instruksi presiden  secara tegas memerintahkan kepada daerah untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan sesuai tugas, fungsi, dan kewenangan masing-masing dalam menjamin kepastian hukum, memperkuat upaya dan meningkatkan efektivitas pencegahan dan pengendalian corona virus disease 2019 (covid-i9) di seluruh daerah provinsi serta kabupaten/kota di Indonesia termasuk di Kabupaten Bangkalan.

“Karena itu dengan apel gelar pasukan ini, nantinya akan ada tim dan satuan tugas yang siap memantau dan menegakkan disiplin protokol kesehatan dalam masyarakat termasuk didalam kegiatan usaha”. 

Dan jika terdapat pelanggaran maka akan ada sanksi yang dikenakan bagi para pelanggar. Hal ini diperlukan sebagai upaya memberikan efek jera sekaligus untuk menjadikan edukasi bagi masyarakat pentingnya protokol kesehatan dalam menghadapi Pandemi Covid-19 yang saat ini masih berlangsung.

Bupati Ra latif juga menjelaskan bahwa saat ini Kabupaten Bangkalan terjadi beberapa penambahan kasus, sehingga yang sebelumnya sudah menjadi zona kuning, saat ini statusnya kembali ke zona orange. 

“Tentu hal ini menjadi kekhawatiran kita bersama, jangan sampai kondisi ini kedepan semakin meningkat sehingga menghambat kegiatan perekonomian dan kegiatan sosial lainnya di kabupaten Bangkalan. maka disinilah kita perlu memasifkan kegiatan pendisiplinan ini, untuk menekan laju penyebaran covid-19,” tegas Ra Latif. (Iron)

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here