Akhirnya Megawati Lebih Percaya Ke Jagonya Risma?

0
121
Baliho pencalonan Eri tersebut sempat ramai di mediasosial, khususnya WhatsApp. Lantaran Eri sudah dianggap pasti sebagai bakal calon Wali Kota Surabaya pada November 2019 lalu.

Panjinasional.net  – Bolehkan saya (penulis) mengkritisi sedikit tentang apa yang menjadi pemikiran sebagai masyarakat yang punya hak berpendapat. Apa yang saya prediksikan tentang siapakah Calon Walikota yang mendapatkan Rekomendasi dari DPP PDI-P jatuh ke tangan Eri Cahyadi ternyata tidak meleset meskipun sempat di ulur-ulur akhirnya keputusan diumumkan pada 2 September 2020 melalui jaring virtual kantor DPD jawa timur dengan DPP Jakarta.

Sedangkan prediksi saya (penulis) bahwa Ketua Umum sebagai pemegang hak preogratif yaitu Megawati Soekarnoputri dalam memberikan SK Rekom bakal diberikan kepada siapa, hal itulah beberapa bulan lalu sy berpendapat bahwa seorang Ketua Umum Megawati lebih condong kepada Risma yang dianggap sukses membangun Surabaya daripada terhadap kadernya.

Jelang Turunnya Rekom Marak Foto Eri Cahyadi Bertebaran Bersama Walikota Surabaya

Sehingga pada saat PDI-P membuka peluang pendaftaran bagi Cawali untuk Pilkada di Surabaya, maka banyak kadernya yang mendaftarkan diri baik sebagai Cawali (calon walikota) maupun cawawali (calon wakil walikota) di Surabaya, diantara salah satunya yang paling ditonjolkan adalah sosok Whisnu Sakti Buana, sebab Whisnu sangat di gadang-gadang oleh seluruh jajaran kader melalui Ranting hingga tingkat PAC se Surabaya.

Para Kader PDI-P maupun masyarakat Surabaya sempat bertanya-tanya atas datangnya Rekomendasi dari PDI-P Pusat yang sempat molor alias di undur-undur. Hingga akhirnya keputusan dari DPP turunkan Rekomendasi pada 2 September 2020.

Pengumuman tersebut dibacakan oleh Ketua DPP PDI-P Puan Maharani secara daring dari kantor DPP PDI-P, Jakarta pada Rabu (2/9/2020). “Eri Cahyadi dan Armuji sebagai calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya 2020-2025,” kata Puan.

Akhirnya prediksi saya (penulis’red) terjawab bahwa Ketua Umum PDI-P lebih condong kepada jago yang disodorkan Risma sebagai pengganti Rismaharini untuk melanjutkan jabatan walikota Surabaya periode 2020-2025. Sedangkan kader PDIP dipercayakan sebagai cawawali (Armudji) bahkan diperintahkan agar Kader PDI-P Surabaya harus mendukung dan memenangkan kontestasi Pilkada Surabaya 2020.

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) saat membuka penjaringan
calon kepala daerah Pemilihan Wali Kota (Pilwali) Surabaya

Whisnu Penuh Jumawa dan Legowo.

Sikap bijak dan jumawa seorang Whisnu Sakti Buana yang menelan pahit dalam memperjuangkan partainya dengan berdarah-darah seyogyanya dia yang lebih berhak mendapatkan Rekom dari DPP. Namun ternyata Whisnu cukup Arif dan bijak menerima keputusan DPP, bahkan Whisnu menyatakan siap mengamankan dan memenangkan pasangan Eri Cahyadi yang berpasangan dengan Armudji sebagai pasangan calon walikota dan calon wakil walikota dalam kontestasi Pilkada Surabaya 2020.

Whisnu adalah Wakil Wali Kota Surabaya yang mendampingi Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini selama dua periode kepemimpinan. Sementara Ery merupakan seorang birokrat yang menjabat sebagai Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota Surabaya.

Sejauh ini, sejumlah petinggi PDIP mengakui kalau Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPP PDI Perjuangan Bambang Wuryanto sudah berupaya melobi beberapa pengurus DPP PDIP, termasuk Megawati, untuk bisa memilih Whisnu Sakti Buana sebagai calon penerus Risma.

Kabarnya, dalam pertemuan di rumah Megawati di Jalan Teuku Umar, Jakarta, Bambang dan Hasto memaparkan laporan tentang kondisi terkini. Termasuk elektabilitas tokoh yang akan diusung di Pilwalkot Surabaya.

Sedangkan Survei internal PDIP juga menunjukkan elektabilitas Whisnu punya nilai tertinggi di kota Surabaya bila dibandingkan dengan tokoh-tokoh lain, seperti mantan Kapolda Jawa Timur Mahfud Arifin dan Eri Cahyadi. Namun apa dikata, Megawati memiliki nilai pandang lain atas kehendak yang berbeda. Dia memilih untuk mengusung pasangan Eri Cahyadi-Armuji di Pilwalkot Surabaya.***Gatot’Pemred Panjinasional.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here