Kades Gila ini Canangkan Desa Sekapuk Sebagai Desa Miliarder

0
325
Kades Sekapuk Abdul Halim Saat Melounching Desa Miliarder di Wisata Setigi
Kades Sekapuk Abdul Halim Saat Melounching Desa Miliarder di Wisata Setigi

GRESIK, www.panjinasional.net  – Desa Sekapuk yang sebelumnya menyandang status sebagai Desa Tertinggal kini justru melejit pesat menjadi satu-satunya Desa Miliarder di Kabupaten Gresik.

Desa Sekapuk yang sebelumnya menyandang status sebagai Desa Tertinggal, juga dulu dipandang sebelah mata, bahkan tak tersentuh bantuan pemerintah, Namun dibawh kepemimpinan Kepala Desa Abdul Halim,kini  justru melejit pesat menjadi desa mandiri dan berhasil menjadi satu – satunya Desa Miliarder di Kabupaten Gresik.

Sempat di cap sebagai kades Gila oleh orang –oang yang pesimis dengan idenya menjadikan lahan bekas tambang yang menjadi  tempat pembuangan sampah oleh warga desa Sekapuk untuk di sulap dan dijadikan sebagai tempat pariwisata alam yang kini tersohor dengan nama Setigi kepanjangan dari Selo Tirta Giri. Dalam bahasa jawa Selo berarti Batu, Tirta berarti Air dan Giri yang berarti Bukit.

Diatas Lahan Seluas kurang lebih 5 hektar tersebut dibangunlah sebuah danau dengan jembatan peradaban dan air terjunnya. Juga beberapa pahatan patung, bermacam bentuk topeng dan tugu yang menyerupai Tugu Alon-alon ebanggaan warga Gresik yang kini ditempat Aslinya sudah tidak ada lagi.

Berbagai fasilitas dibangun dengan apik sehingga menjadi tempat favorit pengunjung untuk spot foto – foto mengabadikan liburannya ditempat tersebut. Tak pelak dalam sebulan tempat wisata yang sahamnya 100% dimiliki warga Desa Sekapuk ini bisa memberikan PADes hingga Ratusan Juta setiap bulannya.

Maka tidak bisa dikatakan sombong jika Abdul Halim, Kades yang dianggap Gila ini mencanangkan dan mendeklarasikan diri sebagai Desa Miliarder karena Target PADes nya mencapai 2 Miliar dalam setahun.  

Dan ini terbukti, Sebagai Desa Miliarder, Sekapuk telah memiliki lima kendaraan operasional yang dibeli dari hasil PADes diantaranya adalah  Alphard, sebagai kendaraan operasional untuk Pemdes, Grand Livina untuk PKK, Mazda Double Cabin untuk Wisata, Expander untuk BUMDes, dan satu unit mobil Ambulance Standart Covid.

Bukan persoalan mobil oprasionalnya dikatakan sebagai Desa Miliarder. akan tetapi capaian putaran uang yang bergulir di desa, semisal dari sektor PKK dengan ekonomi kerakyatan yang mentargetkan pertahun berpotensi 1,9 Miliar.Apalagi BUMDes dengan target Net profitnya 4 (empat) Miliar pertahun yang secara otomatis berpengaruh besaran PADes jadi 1,5 Miliar.

Belum lagi lapangan kerja 591 lapangan kerja baru, di tambah jumlah sekitar 400 obligasinya, selama tahun ketiga pengabdian di desa, semua ini terwujud dengan semangat kebersamaan semuanya.

Maka atas capaian tersebut, hari ini (2/9/2020) tepat pukul 09.00 WIB, Bulan 9 (September), dengan senantiasa memohon Ridho Allah SWT, Pemdes Sekapuk menggelar Deklarasi Sekapuk Desa Miliarder di Indonesia.

“Apa yang menjadi niat dan tekad dalam mewujudkan tujuan yang mulia ini, saya siap mengawal agar menjadi terwujud. Bukan untuk menyombingkan diri, namun kami ingin menjadi desa inspirasi bagi desa – desa lain di indonesia hingga ke manca negara. Saya sangat berterimakasih kepada semuanya, baik PKK, BUMDES dan semuanya sehingga bisa bersinergi membangun desa.” Ungkap Abdul Halim. Kepala Desa Sekapuk

“ Alhamdulillah, bertempat di desa Sekapuk jam 09.00 bulan 9, dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim  saya Deklarasikan bahwa Sekapuk menjadi Desa Miliarder” imbuhnya

Seepas Deklarasi dilakukan, Semua Perangkat Desa Mulai RT, RW, PKK, Karangtaruna dan BUMDes mengikuti kirab dari Balai desa Sekapuk menuju ke Tepat wisata Setigi. Dengan mengendarai lima mobil operasional dan puluhan sepeda listrik, masyarakat Desa Sekapuk guyup bergerak mulai Balai Desa sampai dengan Wisata Alam Setigi. Acara kemudian dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng Deklarasi Sekapuk Desa Miliarder.  (shol)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here