Mahasiswa UMM Libatkan Diri dalam Kegiatan Posyandu di Desa Kolomayan

0
95
Tim PMM UMM kelompok 3 foto bersama Bapak Kepala Desa dan Staff

UMM. PANJINASIONAL.NET – Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiwa (PMM) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) merupakan program pengganti Kuliah Kerja Nyata (KKN) dimana anggotanya Habibi Yusafa, Moch. Evan, Jihan Fahira, Zaqina Erin, dan Mutiara Yunan. Mengingat pandemi Covid-19 yang semakin meresahkan, tidak menyurutkan semangat TIM PMM UMM kelompok 3 dalam mensukseskan programnya. PMM UMM yang dilaksanakan dua hari berturut-turut pada hari Selasa-Rabu, 18-19 Agustus 2020 di Desa Kolomayan, Kecamatan Wonodadi, Kabupaten Blitar, Jawa Timur telah melibatkan diri dalam kegiatan Posyandu dibawah pimpinan Bidan Solekhah selaku penanggung jawab Polindes Kolomayan. Kegiatan ini diawasi dan dimbimbing oleh Dosen Pembimbing Lapang yaitu Beti Istanti Suwandayani, M.Pd. Beliau sangat mendukung kegiatan yang dilakukan mahasiswa bimbingannya yang ikut andil dalam kegiatan Posyandu. Beliaupun tak henti-hentinya berpesan bahwa  selalu memperhatikan protocol kesehatan untuk beraktivitas kembali serta dapat menyesuaikan kehidupan dengan adanya covid-19.

Tim PMM UMM kelompok 3 tiga membantu
meberikan vitamin A pada balita

Koordinator Kelompok 3 PMM UMM, Jihan Fahira Almas menyampaikan bahwa  imunisasi saat pandemic Covid-19 itu sangat penting, hal itu dikarenakan untuk memastikan anak-anak tetap terlindungi dari bahaya penyakit yang menular yang bisa dicegah dengan vaksin. Apabila menunda imunisasi, kemungkinan terjadinya wabah penyakit menular lebih besar”ujar Jihan Fahira.

“Kegiatan Posyandu ini dilakukan dengan selalu menerapkan dan mengikuti protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Dalam kegiatan tersebut kami membantu menimbang berat badan, mengukur tinggi badan anak, memberikan vitamin, pengecekan suhu, pemberian handsanitizer, pengarahan physical distancing, dan pendataan” Tutur Mutiara Yunan.

“Pelayanan imunisasi harus tetap dilaksanakan, tetapi harus dengan protokol-protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dengan social maupunphysical distancing pada waktu pelayanan imunisasinya dijalankan. Menjaga kesehatan tubuh anak bukan hanya sekedar dengan nutrisi yang cukup, melainkan dilengkapai dengan penunjang lainnya termasuk imunisasi. Kami sangat mengapresiasi kinerja dan keikutsertaan  TIM PMM UMM ini dalam Kegiatan Posyandu di Era New Normal. Dengan adanya TIM PMM UMM, kami selaku TIM Polindes merasa terbantu sehinggakegiatan berjalan dengan lancar dan masyarakat bisa dikendalikan dengan mematuhi protocol kesehatan yaitu physical distancing”Tutur Sholekah  selaku Koordinator Polindes Kolomayan.***Jihan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here