Peresmian Bhakti Saka Kencana Dibuka Kaper BKKBN Jatim

0
110

Panjinasional.net – Magetan – Kepala Perwakilan (Kaper) Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jawa Timur, Drs. Sukaryo Teguh Santoso, M.Pd., membuka secara resmi Bhakti Saka Kencana tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2020, Sabtu (27/08/2020) di Kabupaten Magetan.

Kegiatan yang mengangkat tema “Peran Gerakan Pramuka Ikut Membantu Dalam Penanggulangan Bencana COVID-19 dan Bela Negara” tersebut turut dihadiri Kepala Kwarcab. Magetan, Hj. Nanik Endang Rusminarti, S.Pd., M.Pd., Andalan Kwarda Jawa Timur, Djaka Santoso dan Kepala Dinas PPKBPP dan PA Kabupaten Magetan, Dra. Furrana Kartini.

Teguh mengatakan, dalam rangka Pembinaan Remaja sebagai upaya penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja, maka BKKBN memandang perlu untuk menggandeng dan bekerja sama dengan berbagai pihak yang strategis dalam mencapai tujuan program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana).

“Kerja sama dengan mitra strategis tersebut termasuk dengan Gerakan Pramuka melalui Bhakti Satuan Karya Pramuka Keluarga Berencana (Saka Kencana) sebagai ajang sosialisasi dan kreasi bersama Insan GenRe Jawa Timur,” kata kepala Perwakilan BKKBN Jatim.

Dalam arahannya, pak Teguh menegaskan “Di masa pandemic saat ini yang menuju pada era kenormalan baru, peran yang bisa dilakukan oleh Insan GenRe dan remaja Saka Kencana sebagai remaja yang cerdas dan berkarakter adalah tetap Menjaga diri dengan melaksanakan protokol kesehatan dengan konsisten, mengajak teman sebayanya untuk menjaga dari penularan Covid-19, memberikan contoh dan mengajak kepada sebayanya untuk menajaga kesehatan reproduksi yang baik dengan menghindari Pernikahan Dini, Seks Pra Nikah dan NAPZA, lakukan kegiatan sosial yang positif dan membuat inovasi.”

Dra. Suharturi, M.M. selaku Ketua Penyelenggara menjelaskan, “Kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan Hari Remaja Internasional yang digagas oleh Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur.” S

Tanggal 12 Agustus, dunia memperingati Hari Remaja Internasional. Hari peringatan ini pertama kali dicetuskan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa pada 1998. Ide ini didasari pemikirin pentingnya ada satu hari khusus yang dijadikan sebagai hari untuk merayakan hal-hal terkait remaja.

Suhartuti melaporkan, untuk memperluas pengenalan Program GenRe di wilayah Jawa Timur, Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur mengadakan 3 kegiatan Besar, yakni kegiatan Bhakti Saka Kencana, kegiatan Bhakti Duta GenRe, dan kegiatan Promosi GenRe, yang diadakan di 8 lokasi. Berikut tanggal dan lokasi diadakannya kegiatan:

1. Kegiatan Bhakti Saka Kencana.

Kegiatan pertama, pada tanggal 29 Agustus 2020 di Kab. Magetan.

Kegiatan Kedua, pada tanggal 1 September 2020 diKab. Lumajang.

Kegiatan ketiga, pada tanggal 3 September 2020, di Kab. Bojonegoro.

Kegiatan keempat, pada tanggal 7 September 2020, di Kab. Pamekasan.

2. Kegiatan Bhakti Duta GenRe.

Kegiatan pertama, pada tanggal 29 Agustus 2020 di Kab. Ponorogo.

Kegiatan kedua, pada tanggal 30 Agustus 2020, di Kota Madiun.

3. Kegiatan Promosi Genre.

Kegiatan pertama pada tanggal 30 Agustus 2020, di Kab. Ngawi.

Kegiatan kedua, pada tanggal 5 September 2020, di Kab. Blitar.

Dari program GenRe, BKKBN berharap dapat menghasilkan dan meningkatnya jumlah remaja yang tahu tentang Program GenRe, substansi materi dan tempat pelayanan yang dapat diakses, baik secara offline di PIK-R dan BKR maupun online melalui media sosial, serta bisa meningkatnya dukungan pemangku kepentingan dan mitra kerja terhadap Program GenRe, ujarnya. @red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here