Terdampak Covid-19 Para Pekerja Seni Gresik Ngamen di Pinggir Jalan

0
180

Gresik. Panjinasional – Tatkala Pandemi Covid-19 yang melanda dunia ini memang sangatlah berdampak buruk terhadap semua sektor..terlebih lagi ekonomi pastinya.

Pandemi covid19 tersebut juga berdampak kepada perekonomian para pekerja seni Gresik, mereka hampir tidak pernah mendapatkan pekerjaan, selama ini tak ada lagi lahan mata pencaharian bagi mereka, sejak diberlakukannya PSBB oleh pemerintah beberapa bulan yang lalu.

PSBB intinya tidak diperbolehkan berkerumun, jaga jarak prosedur protokol kesehatan dll membuat seluruh kegiatan yang melibatkan para pekerja seni ini ditiadakan/tidak diperbolehkan.

Sehingga pendapatan pun sudah tidak ada lagi untuk mereka para pekerja seni, akhirnya beberapa waktu yang lalu mereka melakukan aksi damai di depan gedung DPRD Kabupaten Gresik, seluruh pekerja seni Gresik se’Kabupaten Gresik bergabung saat itu, namun demikian tetap saja Peraturan Gubernur masih tidak memperbolehkan.

Akhirnya untuk sekedar mencari penghasilan agar tetap bertahan hidup para pekerja seni Gresik ini pun melakukan kegiatan NGAMEN di pinggir jalan.Rabu 26/8/2020.

Terlihat di sekitaran jalan Arif Rahman hakim beberapa orang menjajakan kardus yang bertuliskan “Donasi pekerja seni Gresik Merdeka” diiringi suara musik dan suara merdu para penyanyi, berharap para pengendara yang melintas di jalan memberikan sedikit rejekinya ke dalam kardus tersebut.

Hal ini menggugah salah satu kandidat calon Bupati Gresik Dr.H Moh Qosim untuk hadir dan memberikan Apresiasinya untuk kegiatan tersebut.

“Intinya 1).Saya mengapresiasi teman-teman Seniman melakukan ngamen, agar potensi mereka tetap berkembang dengan baik. 2).Tapi dalam melakukan kegiatan, protokoler kesehatan,TETAP DIPERHATIKAN, DAN DIPRIORITASKAN. Alhamdulillah teman-teman memperhatikan itu. 3).Selalu tabah dalam menghadapi Pandemi ini. 4).Berdoa kepada Allah dengan lagu religi, agar Allah segera mengangkat Covid 19 dari Dunia, utamanya Indonesia” ujar wakil Bupati Gresik 2 periode ini panjang lebar saat di konfirmasi oleh wartawan Panjinasional melalui WhatsApp.

Terlihat akrab berbaur dengan para pekerja seni yang ngopi diwarung kopi biasa, wakil bupati yang biasa dipanggil pak Qosim ini juga seperti biasa sempat menyumbangkan suara emasnya bernyanyi bersama dengan para penyanyi..

Semoga saja “Ngamen” yang dilakukan para pekerja seni Gresik ini mendapat kan perhatian, apresiasi dan tentunya solusi dari pihak-pihak terkait lainnya agar mereka dapat kembali bekerja seperti sebelum pandemi covid-19 melanda dunia, mengingat biaya hidup yang semakin hari semakin berat mereka rasakan@ern.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here