Launching Press Room Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur

0
106

Surabaya. www.panjinasional.net Perwakilan Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jawa Timur menggelar Launching Press Room, Rabu (26/8/2020) pukul 10,00 Wib di ruang Press Room lantai II Kantor Perwakilan BKKBN Jatim, jalan Airlangga no 31-32, Surabaya.


Hadir dalam acara tersebut, adalah; Kepala Perwakilan (Kaper) BKKBN Provinsi Jawa Timur, Drs. Sukaryo Teguh Santoso, M.Pd., CEO Radio Suara Surabaya, Errol Jonathans, Praktisi Media Humas dari Media JTV, Emil Faiza,


Dan tak hanya itu saja, Pejabat Administrator dan Pejabat Fungsional Ahli Madya, ASN dan PPNPN dilingkungan Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, dan 15 Media Massa Sahabat Warta KB Jatim, juga turut hadir dalam acara ini.


Ketua panitia Iwan Yulianto,S.Pd., M.Si., menyampaikan maksud dan tujuan dalam kegiatan acara ini adalah, “Perwujudan dari bentuk Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) adalah predikat yang diberikan kepada suatu unit kerja yang memenuhi sebagian besar manajemen perubahan, antara lain, penataan tata laksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan pengawasan, penguatan akuntabilitas kinerja, dan penguatan kualitas pelayanan publik, yang tentunya dapat diwujudkan dengan peran serta media didalamnya”, ucapnya.


Masih ketua panitia, “Pembiayaan kegiatan ini bersumber dari DIPA Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur Tahun 2020. Dan kepada semua pihak yang telah mendukung keberlangsungan kegiatan ini, saya sekaligus titip bahwa pressroom ini adalah milik kita bersama, sebagai rumah informasi dan publikasi Progam Bangga Kencana,” pungkasnya.


Membangun ruang wartawan (Press Room) BKKBN Jatim sebagai wadah inspirasi, aspirasi bagi rekan-rekan wartawan dalam mengkomunikasikan, menginformasikan, mengedukasi dan mempersuasif Program Bangga Kencana kepada khalayak/publik melalui berbagai media massa.


Di masa Pandemi, BKKBN Jatim tetap beraktivitas untuk program Bangga Kencana. Dan mencipkan pendekatan baru  berbasis telnologi informasi dan konsultasi.

“Hidup berdampingan dengan Covid-19, melalui New Normal atau tatanan baru bukan berarti menyerah, namun lebih pada bagaimana masyarakat menyesuaikan diri dengan situasi pandemi saat ini,” ungkap Teguh.


Kaper BKKBN Jatim Teguh juga menjelaskan, dalam upaya meningkatkan kualitas Reformasi Birokrasi di Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, BKKBN Jatim menegakkan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi.


Di masa Pandemi Covid-19, dimana semua kegiatan lebih banyak dilakukan melalui kegiatan virtual, semua informasi khususnya informasi publik selayaknya dapat dengan mudah diakses oleh masyarakat luas. BKKBN sebagai lembaga publik wajib menyediakan informasi publik yang transparan, akurat dan dapat dipercaya oleh publik.


“Dengan membuka akses publik terhadap Informasi program Bangga Kencana merupakan upaya strategis mencegah praktik Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN) dan terciptanya kepemerintahan yang baik (good governance) menuju Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM),” ungkap Teguh.


Dalam upaya ikut mendukung Program Pemerintah dalam mencegah penyebaran COVID-19 menuju new normal life, BKKBN Jatim tetap menghimbau kepada masyarakat melalui peran serta Penyuluh KB, IMP serta Mitra Kerja terkait untuk menjalankan protokol Kesehatan pencegahan Covid-19.


Penerapan Pola Hidup Bersih dan Sehat (cuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer dan penggunaan masker), pelaksanaan physical distancyng, makan asupan bergizi, olahraga teratur dan cukup istirahat, serta pentingnya peran keluarga.


Melaksanakan sistem komunikasi harmoni antara pemerintah dan masyarakat, kemitraan dan Kerjasama dengan berbagai media, mitra kerja dan lintas sektor baik di tingkat daerah, provinsi dan pusat dalam menyosialisasikan new normal life melalui kegiatan program Bangga Kencana yang dapat dirasakan manfaat dan dampak positif.

Relasi, korelasi dan kolaborasi dengan berbagai media massa digunakan sebagai kebutuhan, melalui media cetak, media elektronik, media daring, media sosial, pelatihan melalui E-Learning serta pemanfaatan aplikasi berbasis IT.


Aplikasi BKKBN Jawa Timur yang telah dimanfaatkan, antara lain:

1. SIJAKA (Sistem Informasi Jadwal Kegiatan Kepala)

2. SIPASA (Sistem Informasi Pengelola Arsip Surat)

3. AWASMEN (Aplikasi Pengawasan dan Dokumen)

4. SURPALA (Survey Kepuasan Pelayanan)


Penyebaran informasi publik program Bangga Kencana melalui media sosial, antara lain:

1.Website (www.jatim.bkkbn.go.id)

2.Instagram (#bkkbnjawatimur)

3.Youtube (bkkbnjatim)

4.Twitter (@bkkbnjawatimur)

5.Facebook (BkkbnJatimAdpin)


Dibentuklah Sekolah e-Learning Reformasi Birokrasi guna Mewujudkan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani demgan menggunakan media online, daring dan aplikasi pelayanan public berbasis website.


Salah satu inovasi yang telah digagas BKKBN Jatim adalah www.siapbahagia.com yang merupakan wadah kegiatan dan atau rangkaian kegiatan untuk memberikan pelayanan keluarga sejahtera yang dilaksanakan dalam bentuk komunikasi, informasi dan edukasi, konsultasi dan konseling, pembinaan, serta rujukan.


Sementara, CEO Radio Suara Surabaya mengatakan Bagaimana BKKBN Jatim bermain secara virtual.

Pandemi mengajarkan kita untuk virtual, dan ruangan Press Room bukan hanya untuk pertemuaan fisik, tapi sebagai ruang ide, serta melahirkan ide yang konektif .(Ro)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here