Pernikahan Dini di Semarang Cenderung Meningkat

0
84
Suasana webinar di Ruang BLC Kantor Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang.

Semarang. www.panjinasional.net – Kadinas DP3A Kota Semarang Drs Mokhammad Khadiq, M.SI. mengatakan pandemi covid 19 memberi tekanan fisik dan psykis masyarakat. Salah satu dampaknya adalah meningkatnya pernikahan usia dini.

“Hingga bulan Agustus 2020 ini saja sudah mencapai angka 153 pasangan yang menikah di usia dini dan trennya cenderung meningkat,” ungkapnya dalam webinar bertema Fenomena Pernikahan Usia Dini, Senin (25/8/2020).

Karena itu, lanjutnya, diperlukan tata cara pengasuhan anak yang tepat dan benar. Mengingat, pernikahan usia dini juga berdampak pada peningkatan jumlah perceraian, kekerasan sosial, isu kematian anak dan ibu hamil dan sudah tentu ikut menghambat program pemerintah.

“Beberapa upaya penekanan jumlah sudah kami laksanakan seperti melakukan sosialisasi dan kerjasama dengan berbagai instansi serta lembaga terkait agar tidak terjadi pernikahan dini dalam masyarakat,” jelasnya.

Pelaksanaan Webinar yang dimoderatori Teguh Tri Adiyanto, itu menghadirkan narasumber Kriseptiana Hendrar Prihadi (PKK), Amroh Zahidah (hakim), Arri Handayani (akademisi/Upgris), dan Herviasti Purwiandari (dokter). Ikut sebagai peserta webinar, perwakilan organisasi remaja seperti PIKK Remaja dan Genre, Pokja, Pengurus JPPA, dan lain-lain dari seluruh kecamatan di Kota Semarang, dengan cara hadir di kantor kecamatan masing-masing.

Dalam webinar tersebut muncul keprihatinan bersama atas kondisi Indonesia yang berada di urutan kedua Asia dan ketujuh dunia tingkat pernikahan usia dini sehingga perlu mendapat perhatian khusus.

Terlebih lagi dengan adanya teknologi digital yang telah membudaya di masyarakat. Karakteristik dunia anak pun berubah  ingin serba cepat, serba  instan, sehingga perlu pendampingan dalam banyak hal. Kalau rasa ingin tahu dan ingin coba-coba itu diarahkan atau disalurkan ke hal-hal positif, pasti  kreatifitas mereka sangat berguna bagi keluarga dan lingkungan masyarakat. (Mim).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here